FFI 2016 Batal Libatkan PARFI

Elang Riki Yanuar    •    08 September 2016 19:41 WIB
ffi (festival film indonesia)parfi
FFI 2016 Batal Libatkan PARFI
Panitia FFI 2016 (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Festival Film Indonesia (FFI) 2016 membatalkan melibatkan Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) dalam kegiatan mereka. FFI tahun awalnya mengajak 12 asosiasi profesi untuk terlibat dalam penjurian. Namun, kini hanya ada 11 asosiasi saja.

Olga Lydia selaku ketua bidang penjurian menjelaskan alasannya mencoret nama Parfi dalam ajang bergengsi insan perfilman Tanah Air itu. Penyebab utamanya ialah permasalahan yang sedang melanda Parfi.

"Sebetulnya desain awal adalah 12 asosiasi, tapi kenapa jadi 11 karena sekarang di Parfi sendiri sepertinya ada sedikit masalah intern di mana kami sebagai FFI tidak bisa ikut campur karena ini organisasi yang independen," jelas Olga Lydia di Jakarta.

Organisasi profesi perfilman tertua di Indonesia itu memang sedang dilanda prahara sejak Gatot Brajamusti yang menjabat ketua Parfi ditangkap akibat narkoba. Kasus itu memunculkan aroma perpecahan di dalam tubuh Parfi.

Sebagai sesama sineas, Olga hanya bisa prihatin dengan masalah yang mendera Parfi. Namun, Olga dan FFI tak mau ikut terlalu jauh dalam konflik di tubuh Parfi.

"Kita enggak bisa intervensi kepada organisasi itu dan kami enggak tahu mesti menghubungi yang mana. Kami tidak mau bahwa FFI ini juga terlibat dalam polemik yang tidak kami pahami. Bukan kami enggak mau tahu ya, kami prihatin iya. Tapi kita enggak punya yuridiksi di sana," jelasnya.

FFI 2016 akan digelar pada November 2016. Proses pendaftaran film bioskop dibuka mulai 1-15 September 2016 dan non-bioskop pada 1-20 September 2016.

Proses penjurian akan dimulai pada 24 September hingga 3 November 2016. Pengumuman nominasi akan dilakukan pada 14 Oktober 2016.

Olga menegaskan, FFI tetap membuka diri jika nantinya Parfi bisa menyelesaikan masalahnya. Apalagi, Olga mendapat amanat dari Lukman Sardi selaku Ketua FFI 2016 untuk mengajak seluruh organisasi profesi perfilman di Indonesia.

"Misalnya waktunya masih cukup, dengan senang hati kami akan mengundang. Kami harus sangat objektif. Lukman juga selalu mengingatkan, kita harus melibatkan semua orang, dari semua golongan," terangnya.

Adapun, 11 asosiasi profesi yang menjadi bagian dari penjurian FFI 2016 yaitu, Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI), Asosiasi Casting Indonesia (ACI), Indonesian Film Directors Club (IFDC), Indonesian Motion Picture Audio Association (IMPACT), Rumah Aktor Indonesia (RAI), Indonesian Film Editors (INAFEd), Sinematografer Indonesia (SI), Indonesian Production Designers (IPD), dan Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR).



 


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA