Din Syamsuddin Puji Keindahan Film Ayat-Ayat Cinta 2

Cecylia Rura    •    07 Desember 2017 18:21 WIB
film ayat-ayat cinta 2
Din Syamsuddin Puji Keindahan Film Ayat-Ayat Cinta 2
Din Syamsudin (Foto: MI)

Jakarta: Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin tampak hadir dalam gala premier Ayat-Ayat Cinta 2 yang digelar di XXI Plaza Indonesia pada Rabu malam, 6 Desember 2017. Ia memberikan tanggapan positif setelah menyaksikan sekuel kedua dari film yang sempat booming di tahun 2008 lalu itu.

"Setelah menonton film ini saya harus memberikan kesaksian bahwa film ini sangat-sangat baik. Baik dari segi artistik, kualitas sinematografi maupun yang paling penting isi, substansi," papar Din saat ditemui usai gala premier di XXI Plaza Indonesia Jakarta.

"Sangat indah, tidak seronok, tapi kemudian penuh isi makna dan pesan-pesan moral," lanjutnya.

Din memuji Habiburrachman El Shirazy yang telah mengemas cerita tersebut dengan menampilkan identitas Islam yang selama ini sedang diperjuangkan.

"Islam jalan tengah, Islam wasatiyyah, Islam yang menghargai kemajemukan," cetus Din.

Di samping itu, film Ayat-Ayat Cinta 2 juga menampilkan falsafah negara Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang ditampilkan dalam dunia nyata.

"Dan terutama bisa mengangkat ayat-ayat cinta yang dianugerahi Allah SWT dalam diri manusia itu secara proporsional. Ketika terjadi satu situasi bahkan konflik sekalipun kemudian ada solusi," kata Din.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut juga berpesan agar masyarakat Indonesia juga ikut menyaksikan film ini. Dia pun mengaku belum puas dan akan kembali untuk menonton kedua kalinya.

Film Ayat-Ayat Cinta 2 digarap oleh sutradara Guntur Soehardjanto dibantu dengan penulisan naskah dari Alim Sudio yang menyadur karya novelis Habiburrachman El Shirazy. Berada di bawah rumah produksi MD Pictures dan diproduseri Manoj Punjabi.

Fedi Nuril tetap berperan sebagai tokoh Fahri Abdullah dan menjadi idola kaum perempuan di sekitarnya. Akan ada Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra serta aktris asal Malaysia Nur Fazura yang ikut bergabung dalam film ini. Bumbu-bumbu humor juga ditambahkan lewat peran Pandji Pragiwaksono dan Arie Untung.

Ayat-Ayat Cinta 2 akan tayang serentak pada 21 Desember 2017 disusul penayangan perdana di Malaysia pada 11 Januari 2018. Selanjutnya, pihak MD berencana untuk mengekspansi film Ayat-Ayat Cinta 2 ke Brunei Darussalam dan Singapura. Manoj selaku produser juga mengatakan ingin agar karya ini juga ditampilkan di Taiwan dan Hong Kong.

 


(ELG)