Kisah Pilu Aktris Indonesia Sable Yu Alami Pelecehan Seksual

Cecylia Rura    •    15 Desember 2017 10:03 WIB
Kisah Pilu Aktris Indonesia Sable Yu Alami Pelecehan Seksual
Sable Yu (Foto: Snowblade)

Jakarta: Aktris Indonesia-Tiongkok Sable Yu mengungkapkan dirinya pernah mengalami pelecehan seksual oleh sutradara asal Inggris, Bey Logan saat menjalani syuting film Snowblade (2011). Logan merupakan orang kepercayaan produser Harvey Weinstein yang kini ramai diperbincangkan terkait kasus pelecehan seksual di panggung hiburan Holywood.

Kendati menghasilkan banyak film sukses bersama aktor dan aktris papan atas, Harvey kini dituntut beberapa aktris Amerika dan Eropa.

Yu mengungkapkan kronologi pelecehan yang dialaminya, kala itu Logan meminta Yu untuk melihat organ vitalnya saat Yu berada di kantor Logan. Yu menolak, namun Logan memaksa dan kemudian memperlihatkan organ vitalnya sembari menarik tangan Yu.

Kejadian itu berulang ketika mereka kembali berada dalam satu kantor. 

Babak paling memilukan, ketika Logan meraba Sable Yu di depan para pemain dan kru film. Logan lantas melakukan tindakan kekerasan seksual di depan para kru film. Rasa sakit itu diakui Sable Yu lebih sakit dari rasa sakit ketika dihina di depan umum. Hal itu terjadi pada Agustus 2011 lalu saat mereka melakukan pengambilan gambar di Foshan, Guangdong.

Selama menjalani syuting film Snowblade, Sable Yu diharuskan telanjang dan hanya mengenakan pakaian dalam. Hal ini dilakukan agar Logan dikatakan dapat memeriksa tubuh Sable Yu.

Sable Yu kemudian mengalami depresi. Sempat ia ingin membicarakan kejadian tersebut namun Logan mengancam akan membawanya ke ranah hukum. Ditambah lagi, ia mengancam istri Logan adalah seorang pengacara.

Sable Yu bahkan sempat ditawari tidur bersama Harvey untuk menunjang kariernya di dunia perfilman.

Film Snowblade yang diwarnai kisah pilu di balik layar tersebut rupanya tak dirampungkan karena terkendala dana. Buah dari keputusan yang diambil pada akhir 2012 lalu itu, Sable Yu hanya diberi seperempat honor yang semestinya. 

Ia kemudian memutuskan untuk mundur dari dunia perfilman dan bekerja sebagai resepsionis. Kisah ini dibagikan Sable Yu lewat media HK01. Dikabarkan Sable Yu hingga kini masih berkonsultasi dengan psikiater.

Menanggapi kisah yang dibagikan oleh Sable Yu, Logan membantah. Ia pun mengelak sempat menyuruh perempuan untuk tidur bersama Harvey agar karier melejit ketika sang produser datang ke Hong Kong. Ia bahkan menyebut Sable Yu seorang yang sinting.

Namun bantahan Logan kemudian luruh ketika ia memberikan pernyataan resmi kepada HK01 yang berisi ungkapan penyesalan atas kejadian yang disebabkan olehnya. Logan mengungkapkan penyesalannya karena telah bertindak semena-mena sebagai seorang sutradara.

Tetapi Logan tetap mengelak dan mengatakan sebagian besar tuduhan dari Sable keluar dari konteksnya sehingga tidak dapat  dibenarkan. "Saya tidak melakukan perbuatan pidana apapun," tulis Logan.

Ia bahkan meminta empati publik karena telah bercerai dengan sang istri, setelah mengungkapkan permohonan maaf, sesal dan rasa malu atas luka yang diberikannya pada keluarga dan sahabat. Keterangan tertulis itu kemudian ditutup dengan tandatangan Logan.

Sable Yu merupakan satu dari tujuh artis Hong Kong yang berani mengungkapkan babak baru kekejian di dunia perfilman Holywood.

Ia merupakan aktris kelahiran Jakarta tahun 1982 yang lahir dari seorang ibu berdarah Taiwan dan ayah asal Shanghai. Sable Yu sempat mencicipi pendidikan di SD Karunia, Pasar Baru, Jakarta.

Di usia 12 tahun, Sable Yu yang juga dikenal dengan nama Yung Yung Yu menempuh pendidikan di Singapura. Sempat ia kembali ke Indonesia lalu kembali merantau ke Amerikan untuk studi di universitas.

Sable Yu juga sempat berpindah ke Australia selama dua tahun hingga akhirnya memutuskan untuk pindah ke Hong Kong kembali menggeluti dunia perfilman.

Sebelum Snowblade, Sable Yu sempat bermain dalam Perfect Wedding (2010), 26 Happiness Road (2010) dan Cocktail Definition (2010).


(ASA)