Ini Lima Film Terpilih Eagle Awards 2017

Riyan Ferdianto    •    04 Oktober 2017 23:00 WIB
eagle award
Ini Lima Film Terpilih Eagle Awards 2017
Eagle Awards Documentary Competition (EADC) Tahun 2017 -- Foto: MTVN/ Riyan Ferdianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Eagle Institute kembali penyelenggaraan Eagle Awards Documentary Competition (EADC) Tahun 2017 dengan mengusung tema "Indonesia Cerdas". Dalam ajang ini, Eagle Institute telah menentukan lima film terbaik yakni Marka, Melawan Realita, Mengeja Belantara, Mendengar Senyum dan Di Atas Genteng.

Head Development Eagle Institute Tedika Pura Amanda mengatakan, selain sebagai sebuah perayaan ide dan perayaan estetik, program Eagle Awards Documentary Competition dengan tema "Indonesia Cerdas" juga bisa menjadi sebuah medium untuk meneropong cara pandang kaum intelektual muda Indonesia. Dengan melihat aspek-aspek pendidikan di Indonesia berserta ruang lingkupnya.

"Seperti halnya dalam Antologi film dokumenter Eagle Awards 2017, kita bisa melihat kebeberagaman perspektif dan cara melihat kenyataan yang unik serta konstruksi dunia pendidikan beserta dinamika lainnya, seperti kebijakan politik, adat, kemandirian, seni dan realitas lainnya,"kata Tedika di acara Eagle Awards Movie Premiere dengan tema “Indonesia Cerdas" di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 3 Oktober 2017.

Tedika menjelaskan, Eagle Awards Documentary 2017 ini bertujuan untuk mengetahui peran dan posisi pendidikan di Indonesia dan memberikan gambaran mengenai perjuangan anak Indonesia untuk meraih pendidikan.

"Di tahun ini filmnya sangat beragam, ada Masyarakat yang berdaya untuk mengelola pendidikannya, ada juga kawan kawan disabel yang berjuang untuk pendidikannya, pointnya pendidikan itu sangat sentral dan penting makanya tahun ini bertema Indonesia Cerdas," kata Tedika.

Dengan diluncurkannya Antologi film Dokumenter Eagle Awards Documentary Competition 2017 ini, semoga bisa berkontribusi bagi perkembangan film dokumenter di Indonesia. Baik menyangkut perkembangan estetika maupun perkembangan kajian film dokumenter.



 


(Des)