Nia Dinata Sebut Serial VOD Beri Kebebasan Ekspresi

Purba Wirastama    •    15 Juni 2017 10:53 WIB
nia dinata
Nia Dinata Sebut Serial VOD Beri Kebebasan Ekspresi
Nia Dinata. (Foto:MTVN/Sri Yanti N.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Produser dan sutradara Nia Dinata berharap produksi tayangan serial untuk medium video on demand (VOD) seperti Viu dan HOOQ lebih banyak. Dia menilai medium penayangan berbasis internet memberikan kebebasan berekspresi lebih besar dibandingkan televisi.

"Mudah-mudahan (lebih banyak serial). Karena lebih enak bikin serial kayak begini. Kita lebih bebas," kata Nia di Plaza Kuningan Jakarta, Rabu 14 Juni 2017.

Nia kini tengah mengerjakan serial komedi romantis produksi Viu berjudul Switch, tentang persahabatan dua perempuan. Kisah besarnya dibuat olehnya dan Lucky Kuswandi. Selain menjadi produser, Nia juga turut menjadi sutradara bersama Pritagita Arianegara.

"Dari dulu aku selalu mengkhayal, kapan kita bisa bikin original series yang kreatif, lucu, bisa menarik banyak orang. Ketika ditawarin Viu (untuk produksi Switch), bagiku ini suatu kesempatan. Karena kayak House of Cards (Netflix) misalnya, itu sesuatu yang bisa out of the box dan punya sesuatu yang bahkan belum dibahas di sinema," ujar Nia.

Kanal televisi dan VOD berbeda dalam hal cara mengakses tontonan. Kebanyakan penyedia layanan VOD menerapkan sistem langganan berbayar, sebelum penonton dapat memilih sendiri menu tayangan yang sudah disediakan lewat perangkat yang terkoneksi internet. Berbeda dengan kanal-kanal televisi, berbayar maupun tidak, yang punya pengaturan jadwal tayangan harian seragam untuk semua penonton.

Perbedaan tersebut, menurut Nia, membuat kreator konten VOD lebih leluasa dalam menyusun cerita, kendati keduanya sama-sama berakar dari sinema. Pengerjaan sinetron Arisan! The Series  (2006) misalnya, tidak dapat sebebas film Arisan!  (2003) karena ditayangkan di layar televisi.

"Pernah (film) Arisan!  dibikin serial di ANTV waktu itu. Banyak pembatasan juga, padahal Arisan! sudah punya karakter sendiri. Aku rasa kalau ditaruh di web platform lebih enak karena kebebasan ekspresi lebih diapresiasi," tukasnya.

Serial Switch  besutan Nia, Lucky, dan Prita kini masih dalam tahap produksi untuk beberapa episode. Episode pertama dijadwalkan tayang di Viu pada 31 Agustus 2017.


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

2 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA