James Franco Soroti Kesenjangan Kelas di Amerika lewat Film

Elang Riki Yanuar    •    07 September 2016 14:48 WIB
james franco
James Franco Soroti Kesenjangan Kelas di Amerika lewat Film
James Franco (Foto: wenn)

Metrotvnews.com, Jakarta: James Franco ingin film terbarunya, In Dubious Battle memberikan sedikit pencerahan mengenai masalah kesenjangan kelas di Amerika. Meski mengangkat tema berbau politik, James membantah filmnya digunakan untuk tujuan politik.  

Selain ikut bermain, James bertindak sebagai sutradara di In Dubious Battle. Film In Dubious Battle diangkat dari buku karya John Steinbeck yang berjudul sama pada 1936.

Buku itu bercerita tentang pergerakan kaum buruh tani di California era 1930-an. Meski cerita yang diangkat sudah puluhan tahun lalu, James merasa tema sentral yang diulas buku itu masih relevan hingga saat ini.

"Aku tidak sedang ingin menjadi presiden dan aku tidak tahu bagaimana untuk menyelesaikannya. Tapi ada kelas pekerja dan kelas menengah di Amerika yang tertinggal dan itu bukan hal bagus. Semoga film ini bisa memberikan pencerahan dalam permasalahan itu," kata James Franco seperti dikutip Contactmusic.

Bersama produser, James datang ke Deauville American Film Festival di Prancis di mana film ini mendapat sambutan positif. In Dubious Battle dibintangi Bryan Cranston, Selena Gomez, Zach Braff dan Robert Duvall.

"Aku membaca berita setiap hari dan aku merasa banyak hal yang tidak adil. Masalah yang ditujukan oleh film ini ialah hak dari para kelas pekerja dan itu masih sangat penting untuk diceritakan," katanya.

"Aku tidak aktif secara politik, tapi sebagai publik figur aku bisa meningkatkan kesadaran pada hal-hal tertentu dan mengirim pesan kepada anak-anak muda. Meningkatkan perhatian untuk memberikan suara (di pemilu) misalnya," jelas James.



True Story, salah satu film James Franco
(ELG)