Legenda Horor George A. Romero Tutup Usia

Nia Deviyana    •    17 Juli 2017 14:03 WIB
film asing
Legenda Horor George A. Romero Tutup Usia
(Foto: Geek)

Metrotvnews.com, Jakarta: George A. Romero, sutradara film horor legendaris dan pencipta seri the Night of the Living Dead  meninggal dunia pada Minggu, 17 Juli 2017 pada usia 77 tahun. Dilansir dari Los Angeles Times, Romero meninggal saat tidur, ditemani sang istri Suzanne Desrocher Romero dan putrinya, Tina Romero, ketika film favoritnya The Quiet Man  diputar.

Romero dibesarkan di The Bronx, New York City dan mendapat gelar akademik dari Fakultas Seni Rupa Carnegie Melon University. Dia dijuluki legenda horor. Sementara sebagian besar orang mengenalnya sebagai kreator serial Living Dead, sutradara film The Crazies, Monkey Shines, dan Season of the Witch.

Dia beberapa kali berkolaborasi dengan Stephen King, salah satunya untuk film Creepshow (1982), debut King dalam menulis skenario. Di film pertamanya, Night of the Living Dead, Romero menciptakan film zombie modern.

Sebelum versi Romero, zombie dikenal sebagai mayat hidup yang diperbudak, dikendalikan oleh tokoh antagonis. Romero mengubahnya menjadi mayat hidup kanibalistik seperti yang kita kenal saat ini.

Namun, lebih dari sekadar horor, Romero kadang menggunakan zombie untuk menyampaikan sudut pandang politik tentang dunia. Night of the Living Dead, misalnya, mengeksplorasi rasisme. Kemudian Dawn of the Dead  menyindir materialisme. Salah satu film terbarunya, Land of the Dead  mengangkat bangkitnya para zombie untuk mengeksplorasi perjuangan kelas.

Itu sebabnya, ia menolak untuk mengarahkan salah satu episode The Walking Dead. Menurut Romero, serial tersebut tak ubahnya seperti "opera sabun bergenre zombie."

Dikutip dari Entertainment Weekly, Romero adalah penggemar film sejak usia muda. Romero kecil sudah berani naik kereta ke Manhattan hanya untuk menyewa gulungan film agar bisa ditonton di rumah.

Lewat gaya pengarahannya, Romero banyak menginspirasi generasi pembuat film setelahnya termasuk Quentin Tarantino, Guillermo del Toro, Robert Rodriguez dan mendiang Wes Craven. Banyak tema yang telah dijelajahi Romero dalam film-filmnya.


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

2 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA