Bekraf Siap Fasilitasi Kerjasama Produksi Film Indonesia dengan Luar Negeri

Purba Wirastama    •    14 Mei 2017 08:18 WIB
badan ekonomi kreatif
Bekraf Siap Fasilitasi Kerjasama Produksi Film Indonesia dengan Luar Negeri
Triawan Munaf (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyatakan siap membantu para produser film untuk membuka kerjasama dengan institusi pemerintah Prancis. Salah satu kerjasama yang sudah dijalin adalah produksi film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak  dari Cinesurya.

"Kita terbuka untuk memfasilitasi (kerjasama dengan pihak luar negeri). Bukan hanya sekarang, tetapi juga tahun-tahun mendatang," kata ketua Bekraf Triawan Munaf dalam jumpa pers film Marlina  di Jakarta.

Meskipun telah dijalin sejak tahun lalu, kerjasama Bekraf dengan Pusat Nasional Perfilman dan Animasi Prancis (CNC) tertuang secara formal dalam nota kesepakatan yang disahkan akhir Maret lalu. Bentuk kerjasama di bidang perfilman meliputi pertukaran ilmu, promosi lokasi syuting, dan jaringan kolaborasi produksi.

Salah satu tindak lanjut adalah produksi film Marlina. Pihak pemerintah Prancis, kata Triawan, sangat kooperatif dan telah membantu. Film arahan Mouly Surya ini mendapat sokongan dana antara lain dari CNC lewat program Aide aux cinemax du monde, serta dari Institut Francais. Kini Marlina siap ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2017 dalam program Directors' Fortnight.

Lewat kerjasama dengan CNC, Bekraf juga ingin agar tempat-tempat di Indonesia dengan berbagai lanskap dan budaya dapat 'dijual' kepada para produser film luar negeri, seperti yang telah dilakukan oleh Prancis. Selama ini Prancis berhasil melakukan promosi wisata melalui kemudahan melakukan syuting di negaranya.

"Siapa yang syuting di Prancis mendapat pengembalian tunai sebanyak 30 persen. Jadi kalau biaya produksi USD 3 juta, USD 1 juta dikembalikan oleh pemerintah Prancis agar lebih banyak orang syuting di sana. Kita enggak boleh kalah. Indonesia harusnya juga bisa seperti itu," jelas Triawan.

Terkait keikutsertaan film Marlina  di Cannes, Bekraf memberi dukungan dana perjalanan kepada para kru dan pemain. Bekraf juga akan berangkat ke festival film bergengsi tersebut bersama perwakilan dari sedikitnya lima pemerintah kabupaten dan kota, termasuk Banyuwangi. Mereka akan mempromosikan daerah masing-masing sebagai lokasi syuting potensial.

 


(DEV)