Triawan Munaf

Belum Ada Kebijakan yang Mendukung Kemajuan Industri Film Indonesia

Annisa ayu artanti    •    31 Oktober 2016 14:36 WIB
film indonesia
Belum Ada Kebijakan yang Mendukung Kemajuan Industri Film Indonesia
(Triawan Munaf (Foto:MI/Adam Dwi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf berpendapat, industri perfilman di Indonesia tidak berkembang dengan baik karena pemerintah belum memiliki kebijakan yang mendukung industri tersebut.

"Hanya Indonesia, negara yang tidak punya kebijakan tax insentif, tax allowance, dan keringanan-keringanan untuk produksi film. Hanya di Indonesia," kata Triawan, dalam pemaparan kinerja dua tahun Jokowi-JK di Gedung Bina Graha, Kantor Skeretariat Negara, Jakarta, Senin (31/10/2016).

Industri film di Indonesia, menurut Triawan, bertolak belakang dengan industri film di berbagai negara di dunia, di mana pemerintahnya turut berperan dalam mengembangkan industri tersebut.

Mereka memberikan keringanan-keringan berupa insentif untuk mengembangkan industri kreatif tersebut.

"Di semua negara di Asia-Pasifik, di Asia semua memiliki punya cara-cara mengembangkan film dengan bantuan pemerintah. Misalnya ada dana film. Di kita tidak ada," ujar dia.

Ayah penyanyi Sherina ini mencontohkan negara-negara yang menyiapkan dana untuk pembuatan film. Tak jauh dari Indonesia, Vietnam dan Malaysia telah menerapkan kebijakan tersebut.

Mereka memberikan dana perfilman yang berasal dari pajak hiburan. Pajak hiburan yang selalu dibayarkan oleh para penggiat hiburan dikembalikan lagi oleh pemerintah untuk memajukan subsektor hiburan tersebut, yakni industri perfilman.


"Di Vietnam dan Malaysia, sudah ada dana film yang diambil dari pajak hiburan atau pajak televisi diambil sebagian, dikembalikan kepada industri film untuk mengembangkan film," jelas dia.

Ia berharap kebijakan-kebijakan itu bisa diterapkan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kementerian keuangan bisa membentuk satu lembaga sebagai stimulus industri kreatif di Indonesia.

"Kalau ada lembaga tadi dalam Kementerian Keuangan, lembaga itu yang bakal memberikan stimulasi apakah itu matching fund dari pengusaha perfilman atau aturan badan kebijakan fiskal yang  untuk memajukan industri film nasional," ucapnya.


(DEV)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA