Film Calon Bini Berusaha Hindari Stereotip "Orang Jawa Udik"

Purba Wirastama    •    14 Desember 2018 13:33 WIB
Film Calon Bini
Film Calon Bini Berusaha Hindari Stereotip
Titien Wattimena dan Novia Faizal (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Calon Bini, film drama komedi terbaru tulisan Titien Wattimena dan Novia Faizal, mengangkat kisah cinta antara gadis desa dan lelaki kota yang bertemu dalam situasi penuh benturan budaya. Gadis ini, yang diperankan Michelle Ziudith, bernama Ningsih dan berasal dari desa di Yogyakarta.

Karena punya masalah keuangan, Ningsih merantau dan bekerja di Jakarta, tetapi tidak memberitahu apa pekerjaannya kepada keluarga di kampung. Setelah mendapat kabar bahwa Ningsih "sukses di Jakarta", orangtua dan keluarga Ningsih pergi mengunjungi dia Jakarta dengan naik truk sewaan.

Begitu sampai rumah mewah besar itu, keluarga Ningsih membuat "kacau" karena tingkah laku udik tanpa sopan santun, bodoh, dan abai terhadap kondisi Ningsih. Misalnya, seperti tampak dalam trailer, mencuci baju dan keramas di kolam renang.

Penonton mungkin sering melihat situasi "benturan" serupa dalam serial atau film televisi. Misalnya, yang mungkin sudah stereotip, ada satu atau dua tokoh etnis Jawa yang nyaris selalu memakai blangkon, kadang baju surjan, dan punya tingkah laku udik.

Apakah Calon Bini akan jatuh pada stereotip yang sama?

Penulis naskanya, Titien Wattimena dan Novia Faizal mengakui bahwa ketakutan ini sudah mereka hadapi sejak awal naskah Calon Bini dikembangkan. Begitu juga dengan sutradara Asep Kusdinar. Namun kecenderungan itu sudah ditekan dan diperhalus.

"Kami enggak mengecilkan itu (orang Jawa itu udik). Insyaallah," kata Novia kepada Medcom.id usai jumpa pers di CGV FX Sudirman Jakarta, Kamis, 13 Desember 2018.

"Namun itu ketakutan yang sudah ada sejak awal, termasuk juga dari Asep," sambung Titien. "Kami sudah mencoba memperhalus. Kami berusaha untuk tidak ke arah situ."

Salah satu bentuk penghalusan itu, kata Titien, adalah pemberian karakter kontras lain sebagai penyeimbang.

"Selalu ada karakter penyeimbang. Ada Ningsih yang pintar, ada juga orang kota yang udik. Jadi kami seimbangkan," jelas Titien.

"Sebenarnya kalau dilihat, jangan dari segi mengecilkan orangnya. Cerita ini dilihat dari segi, bahwa semua itu berasal dari sebuah keluarga, mimpi itu juga berasal dari sebuah keluarga," sambungnya.

Calon Bini digarap oleh sutradara Asep Kusdinar bersama Screenplay Films berdasar ide cerita produser Sukhdev Singh. Selain Michelle, pemain yang terlibat antara lain Rizky Nazar, Slamet Rahardjo, Niniek L Karim, Cut Mini, Dian Sidik, Minati Atmanegara, Butet Kertaradjasa, Marwoto, Ramzi, Maya Wulan, dan Yuniza Icha.

Calon Bini dijadwalkan rilis di bioskop pada Februari 2019.


(ELG)