Sutradara Film Laut Ingin Mengenalkan Aceh ke Anak Muda Jepang

Purba Wirastama    •    08 November 2017 17:06 WIB
film jepang
Sutradara Film Laut Ingin Mengenalkan Aceh ke Anak Muda Jepang
Tim film Laut (MTVN_Purba Wirastama)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebelum gempa dan tsunami Tohoku 2011, Koji Fukada, sutradara Jepang kelahiran 1980, tidak tahu bahwa tsunami juga dapat terjadi di sejumlah negara lain, termasuk Indonesia.

Koji mengaku baru mendapat pengetahuan ini setelah datang ke Banda Aceh pada 2011 dalam rangka studi manajemen pemulihan bencana. Dia juga mengalami gegar budaya (culture shock) ketika tahu perbedaan fasilitas manajemen bencana antara Banda Aceh dan Jepang.

"Saya juga baru tahu saat itu, tsunami tidak hanya dialami Jepang, tapi juga Indonesia dan negara-negara lain," kata Koji lewat penerjemah Juanita dalam jumpa pers film Laut di CGV Grand Indonesia, Selasa (7/11/2017).

Sutradara Jepang Senang Syuting di Aceh

"Saya juga baru tahu bahwa ternyata Jepang dan Aceh sudah punya sejarah panjang sejak zaman perang. Dengan tsunami, hubungan semakin erat," lanjutnya.

Koji merespons pengalaman ini dengan membuat cerita fiksi berlatar Aceh pasca-tsunami, yang lantas diwujudkan ke proyek film cerita berjudul Laut, atau The Man from the Sea.

Proyek film ini, yang berjalan sejak 2014, dikerjakan Koji bersama produser Naoko Komura (Nikkatsu) serta Willawati dan Giovanni Rahmadeva (Kaninga Pictures). Syuting dilakukan selama 23 hari di Banda Aceh dan Pulau Sabang pada Agustus 2017 lalu.

Film bercerita tentang lelaki misterius yang ditemukan di pantai Aceh oleh perempuan asal Tokyo, yang sedang bekerja dalam manajemen pemulihan bencana alam. Lelaki ini, yang lantas dijuluki Laut, mulai melakukan berbagai macam keajaiban yang membuat banyak orang resah dan curiga.

Pemain yang terlibat adalah aktor Jepang dan Indonesia. Ada Dean Fujioka, yang berperan sebagai Laut. Lalu ada Mayu Tsuruta, Adipati Dolken, Sekar Sari, Taiga, serta Junko Abe.

Lewat film ini, Koji secara personal ingin menularkan pengalaman dia saat mengenal Aceh dalam bingkai tsunami.

"Saya ingin menampilkan Aceh supaya anak-anak muda di Jepang merasakan tentang Aceh, apa yang ada di Aceh," ucap Koji.

Proyek Laut kini sedang dalam tahap pasca-produksi. Film akan dikirim terlebih dulu ke beberapa festival film internasional sebelum dirilis di bioskop domestik pada pertengahan 2018.


 
(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA