Izin Syuting Film di Hong Kong Diklaim Lebih Mudah Dibandingkan di Indonesia

Purba Wirastama    •    13 Maret 2018 10:23 WIB
film indonesia
Izin Syuting Film di Hong Kong Diklaim Lebih Mudah Dibandingkan di Indonesia
Eric Satyo (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Jakarta: Penulis dan sutradara Eric Satyo menyebut perizinan syuting film di Hong Kong, Tiongkok, lebih mudah dibanding perizinan di Indonesia. Perbedaan ini dia temukan selama mengerjakan proyek film drama komedi yang dibintangi Entis 'Sule' Sutisna, Hongkong Kasarung.

"Perizinan di sana lebih mudah daripada di Indonesia karena sudah ada jalurnya," kata Eric usai press screening Hongkong Kasarung di Plaza Senayan Jakarta, Senin, 12 Maret 2018.

"Ada polisi urusan film dan ada lembaga sendiri untuk mengurus perizinan film. Jadi, sangat gampang. Semua kami urus dari Jakarta, lokasi kami pilih dari Jakarta. Lalu tinggal masuk ke KonJen (Konsulat Jenderal RI di Hong Kong). Kami permisi, kami warga Indonesia, kami masuk ke rumah kita yang ada di sana dulu, minta ijin. Alhamdulillah dapat sambutan baik dari Pak Chalief (Konsul Jenderal pada 2016)," tutur Eric.

Syuting di Hong Kong berlangsung selama 18 hari pada Juli 2016. Salah satu rencana lokasi adalah kantor KJRI di pusat kota. Menurut Eric, rencana ini juga mendapat dukungan dari KJRI Hong Kong.

"Kami bahkan dikasih izin untuk syuting di dalam (kantor) KonJen sendiri. Itu juga rumah bagi warga Indonesia di sana. Alhamdulillah semua berjalan lancar karena kami kulonuwun (permisi) dengan baik, kami sudah izin semua. Jadi lancar semua," ungkap Eric.

Hongkong Kasarung mengikuti kisah Sule (Sule), pemuda kampung Sunda yang tak bisa jauh dari Emak (Yatie Surachman) dan terlalu peduli terhadap masalah orang-orang sekitar. Ketika Iis (Selvi Kitty) kekasihnya berpaling ke Cecep (Rizki 'Uus' Firdaus), teman sekampung yang tampak sukses sepulang bekerja dari Malaysia, Sule sakit hati.

Ingin meniru kesuksesan Cecep, Sule nekad bekerja merantau ke Malaysia dengan bantuan pamannya Saswi (Sas Wijanarko), makelar proyek fiktif. Namun Sule justru tersesat (kasarung) ke Hong Kong. Dia bertemu dengan Aline (Pamela Bowie), gadis putri pengusaha Indonesia yang bermasalah dengan bos preman lokal (Iwa K). Sule terlibat dalam petualangan baru.

Eric menjadi penulis naskah, sutradara, dan sekaligus produser. Produksi dilakukan di bawah naungan rumah produksi baru bernama Artomoro Pictures dengan produser eksekutif Ruyoto dan Heru Iswanto. Sule dan Parto Patrio menjadi ko-produser.

Hongkong Kasarung dijadwalkan tayang di biokop mulai Kamis, 15 Maret 2018.


(DEV)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA