10 Film Horor Wajib Tonton

Purba Wirastama    •    10 Januari 2018 19:20 WIB
trivia film
10 Film Horor Wajib Tonton
The Shinning (foto via imdb)

Jakarta: Biasanya orang menghindari hal-hal menakutkan demi memastikan diri aman dan melanjutkan hidup dengan tenang. Namun jika bicara film horor, penonton justru datang dengan harapan bisa ditakut-takuti sembari duduk nyaman di kursi empuk bioskop.

Sebut misal beberapa film horor yang dikenang banyak orang. Ada Train to Busan, IT, The Conjuring, Get Out, I am Legend, atau Pengabdi Setan dan Jelangkung untuk lingkup domestik. Selain film-film tersebut, kami punya rekomendasi 10 film horor lain dari era 1980 hingga terbaru, dari kisah gaib hingga psikologis.


1. The Shinning (1980, Stanley Kubrick)
Jack (Jack Nicholson) adalah penulis ambisius yang juga bekas pecandu alkohol. Demi mendapatkan kembali inspirasi, dia bekerja sebagai penjaga sementara resor terpencil yang ternyata angker. Atas pengaruh supranatural, Jack menyelami misteri resor yang membuatnya menjadi ancaman maut istri (Shelley Duvall) dan anaknya (Danny Lloyd).

Stanley Kubrick mengadaptasi film ini dari novel berjudul sama karya Stephen King. Film ini digadang sebagai salah satu film horor paling seram sepanjang masa oleh banyak kritikus, media, dan penonton.




2. Silence of the Lambs (1991, Jonathan Demme)
Clarice (Jodie Foster), pelajar moncer di sekolah FBI, diminta melakukan wawancara terhadap Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), psikater cerdas sekaligus psikopat kejam yang dipenjara karena beragam tindak pembunuhan dan kanibalisme. Clarice diyakini bisa jadi umpan tepat untuk memancing informasi penting dari Lecter.

Naskah film ini diadaptasi Ted Tally dari novel serial berjudul sama karya Thomas Harris. Selain sukses komersial, film sutradara Jonathan Demme ini juga mendapat pengakuan positif dari para kritikus film dan sejumlah penghargaan termasuk Oscar.




3. A Nightmare on Elm Street (1984, Wes Craven)
Sekawanan remaja menjadi incaran Freddy Krueger (Robert Englund), pembunuh sadis yang beraksi saat malam lewat mimpi, yang mana akan membunuh korban di dunia nyata. Nancy (Heather Langenkamp) dan Glen (Johnny Depp) pacarnya pun menyelidik fenomena itu dan mencurigai rahasia kelam yang dikubur orangtuanya.

Wes Craven, sang penulis dan sutradara melukiskan karakter Freddy berdasarkan kepingan masa kecilnya saat menghadapi ketakutan. Film ini mendulang sukses komersial dalam waktu singkat dan punya dampak besar terhadap aliran horor film.
 



4. The Exorcist (1973, William Friedkin)
Sejak Regan (Linda Blair) mulai bertingkah aneh, seperti melayang dan berbicara dalam bahasa lidah, ibunya (Ellen Burstyn) cemas dan mencari bantuan medis tapi tak kunjung tertolong. Pastur setempat (Jason Miller) menduga Regan kerasukan. Gereja pun mengirim seorang pakar (Max von Sydow) untuk melakukan pengusiran.

Dari sekian film horor gaib bertema pengusiran setan, film ini adalah satu yang wajib ditilik ulang. Naskahnya diadaptasi dari novel berjudul sama oleh penulisnya sendiri, William Peter Blatty. Hingga kini, The Exorcist adalah film kategori Restricted paling laris sepanjang masa.




5. Audition (1999, Takashi Miike)
Aoyama (Ryo Ishibasi), seorang duda yang ingin berpacaran lagi, membuat sebuah audisi produksi film palsu demi mencari perempuan yang tepat. Dia tertarik dengan Ashami (Eihi Shiina) dan mereka pun menjalin relasi. Namun Aoayama mulai sadar bahwa Asami tak seperti terlihat di luar. Masa lalu Asami menghantui relasi mereka.

Film ini dibuat oleh Omega Project, rumah produksi yang juga membuat film horor laris Ring. Omega membeli hak adaptasi novel Audition karya Ryu Murakami dan merekrut penulis Daisuke Tengan dan sutradara Takashi Miike. Selain rilis bioskop Jepang, film ini berkeliling ke sejumlah festival.




6. Kairo (atau Pulse, 2001, Kiyoshi Kurosawa)
Setelah seorang pelajar (Kenji Mizuhashi) bunuh diri, sejumlah anak muda Tokyo menyaksikan peristiwa mengerikan tersebut lewat video yang tersebar di internet. Satu per satu orang di kota menghilang dan internet menjadi ruang arwah jahat.

Tiga cerita berbeda mengikuti Michi (Kumiko Aso), Ryosuke (Haruhiko Kato), dan Harue (Koyuki) saat mereka mencoba memecahkan misteri sosok berhantu di balik layar komputer mereka.

Kairo diputar perdana di sesi Un Certain Regard dalam Festival Cannes dan dirilis di bioskop Jepang. Film ini diadaptasi ke versi novel oleh sang sutradara dan dibuat ulang dalam versi Hollywood oleh sutradara Jim Sonzero dan penulis Wes Craven.




7. A Tale of Two Sisters (2003, Kim Jee-woon)
Setelah keluar dari rumah sakit jiwa, Su-mi (Yeom Jeong-ah) berkumpul kembali bersama saudaranya Su-yeon (Su-jeong Lim). Mereka tinggal di desa bersama sang ayah (Mun Geun-yeong) dan istri baru (Kap-su Kim) yang obsesif. Tantangan yang mereka hadapi ternyata tak hanya ibu tiri, tetapi juga sosok hantu pengganggu di dalam rumah.

Kisahnya diinspirasi oleh dongeng Korea Selatan berjudul Janghwa Hongryeon jeon, yang populer sejak era Dinasti Joseon. Selain sukses komersial di lingkup domestik, film ini juga disambut positif para kritikus dan sejumlah festival film. The Uninvited (2009) produksi Dreamworks adalah versi Hollywood atas film ini.




8. Shutter (2004, Banjong Pisanthanakun & Parkpoom Wongpoom)
Jane (Natthaweeranuch Thongmee) dan pacarnya yang fotografer, Tun (Ananda Everingham), menabrak seorang wanita muda. Setelah itu mereka mulai melihat sosok dalam foto-foto Tun, yang diduga sebagai arwah wanita yang mereka tabrak. Jane menyelidiki siapa wanita tersebut dan menguak rahasia mengejutkan.

Shutter menjadi salah satu film laris Thailand pada 2004. Kisahnya bahkan dibuat ulang dalam versi India Tamil, Hollywood, serta Bollywood. Namun ketiga remake ini tak sesukses film aslinya.




9. Burried (2010, Rodrigo Cortes)
Seorang sopir truk sipil yang bertugas di Irak, Paul (Ryan Reynolds) terbangun di sebuah kotak kecil gelap, yang ternyata adalah peti mati. Hanya ada sebuah korek gas dan ponsel, beserta ketakutan Paul yang semakin menjadi. Oksigen mulai tipis dan Paul harus mengatasi rasa panik saat dia menunggu tim penyelamat.  

Film Spanyol berbahasa Inggris ini berpusat hanya pada satu tokoh yang tampak secara visual. Selain sukses komersial, film ini ungggul dan menang di beberapa penghargaan. Film dirilis perdana di Festival Sundance dan hak tayangnya dibeli Lionsgate untuk rilis terbatas di AS.




10. 10 Cloverfield Lane (2016, Dan Trachtenberg)
Selamat dari kecelakaan, Michelle (Mary Elizabeth Winstead) terbangun di bunker dengan dua pria. Howard (John Goodman) bilang bahwa ada serangan kimia masif yang membuat udara beracun, dan mereka bisa hidup jika tetap berada di dalam. Kendati nyaman, Michelle berusaha kabur dari tempat itu dan menemukan fakta atas situasi dunia luar.

Sekuel film Cloverfield ini mendapat ulasan positif dan memperbaiki citra buruk yang didapat film sebelumnya. Film produksi JJ Abrams ini akan punya satu sekuel lagi berjudul God's Particle.




 


(ELG)