Cannes Film Festival 2018 Tolak Netflix dan Selfie

Purba Wirastama    •    02 April 2018 14:50 WIB
festival film cannes
Cannes Film Festival 2018 Tolak Netflix dan Selfie
(Foto: Cannes Official)

Cannes: Cannes Film Festival telah mengumumkan bahwa untuk gelaran ke-71 pada tahun ini, mereka menolak film-film produksi Netflix masuk ke program kompetisi. Mereka juga melarang aktivitas selfie atau swafoto para penggemar dengan aktor di karpet merah karena membuat kacau festival.

Menurut laporan NME, kebijakan baru ini diambil oleh dewan festival mengacu pada pengalaman buruk antara pihak festival dan Netflix tahun lalu.

Dalam Cannes Film Festival 2017, dua film Netflix, Okja dan The Meyerowitz Stories, untuk pertama kalinya boleh berkompetisi dalam program Palme d'Or. Namun keputusan itu memicu kontroversi. Saat Okja diputar perdana, para anggota penonton mengolok-olok film tersebut. Para kritikus juga marah saat kedua film gagal diputar di bioskop Prancis.

Aturan pun diubah untuk Cannes 2018 dan seterusnya. Film yang ingin masuk program kompetisi harus dirilis di bioskop Prancis terlebih dulu. Film produksi layanan streaming boleh diputar di festival, tetapi tidak akan diterima dalam program kompetisi Palme d'Or.

"Tahun lalu, ketika kami memilih dua film ini, aku pikir aku dapat meyakinkan Netflix untuk merilisnya di bioskop. Aku telah gegabah. Mereka menolak (rilis di bioskop)," kata ketua festival Theirry Fremaux kepada Le Film Francais, dikutip dari NME.

"Orang-orang Netflix suka red carpet dan ingin film mereka disajikan dengan yang lain. Namun mereka paham bahwa pendirian keras dari model bisnis mereka sekarang berlawanan dengan kami. Kami harus menimbang keberadaan para pemain baru yang kuat: Amazon, Netflix, dan mungkin Apple. Kami akan mempertahankan citra festival pengambil resiko, mempertanyakan sinema, dan kami harus ada di situ setiap tahun," tambah Theirry.

Serial televisi di layanan streaming kadang dibandingkan dengan film dan keduanya dianggap punya kesamaan tertentu. Theirry menolak anggapan ini. Baginya, perfilman masih berjaya di mana-mana kendati sekarang adalah era emas serial.

"Sejarah perfilman dan sejarah internet adalah dua hal berbeda," tukas Theirry.



(DEV)

Seringai Belum Selesai

Seringai Belum Selesai

2 days Ago

Seringai sudah mengumpulkan lebih dari cukup apa yang dicita-citakan band bawah tanah. Mereka s…

BERITA LAINNYA