Cut Mini Nominasi Aktris Terbaik di Asia Pacific Screen Awards

Purba Wirastama    •    26 Oktober 2017 10:42 WIB
film indonesia
Cut Mini Nominasi Aktris Terbaik di Asia Pacific Screen Awards
Cut Mini saat memerankan Athirah (Foto: Dok. Miles Films)

Metrotvnews.com, Jakarta: Cut Mini, lewat peran di film adaptasi Athirah  produksi Miles Films, diunggulkan di Asia Pacific Screen Awards 2017 dalam kategori Best Performance by an Actress. Dua film lain dari Indonesia, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dan Sekala Niskala, juga masuk sebagai nominasi di ajang penghargaan ini.

Cut Mini bersaing dengan empat aktor wanita lain dari Turki, Korea Selatan, Georgia, dan Tiongkok. Ada Ecem Uzun untuk film Clair Obscur, Na Moon-hee untuk I Can Speak, Nata Murvanidze untuk Scary Mother, dan Zhou Xun untuk Our Time Will Come.

Athirah  telah mengukir prestasi di lingkup domestik dalam Festival Film Indonesia 2016. Film ini membawa pulang enam Piala Citra setelah diunggulkan di 10 kategori, termasuk Pemeran Utama Wanita Terbaik.

Mouly Surya, yang diunggulkan dalam kategori Achievement in Directing lewat film Marlina (Cinesurya), bersaing dengan empat sutradara dari Georgia, Rusia, India, dan Jepang. Ada Ana Urushadze untuk film Scary Mother, Andrey Zvyagintsev untuk Loveless, Sanal Kumar Sasidharan untuk Sexy Durga, dan Kore-eda Hirokazu untuk The Third Murder.

Sebelumnya, Marlina tayang perdana di Cannes dan telah singgah ke festival di Selandia Baru, Melbourne, Toronto, Vancouver, Sitges, dan Busan. Film ini akan dirilis di bioskop Indonesia pada 16 November 2017. Sejumlah distributor internasional juga telah bergabung untuk menangani pemutaran bioskop di sebagian kawasan Eropa, Amerika, Asia.

Sekala Niskala  produksi Gita Fara, Kamila Andini, dan Ifa Isfansyah diunggulkan sebagai Best Youth Feature Film bersama empat film lain. Ada Big Big World  (Turki), Jasper Jones  (Australia), The Skier  (Iran), serta The Summer is Gone  (Tiongkok).

Selain itu, Sekala Niskala juga masuk dalam program pemutaran dan kompetisi Singapore International Film Festival. Sebelumnya film ini lebih dulu tayang di festival film Toronto dan Busan.

APSA adalah ajang tahunan yang digelar di Brisbane Australia sejak 2007 oleh pemerintah setempat atas kerjasama dengan UNESCO Paris dan FIAPF (Federasi Internasional untuk Asosiasi Produser Film), yang juga berbasis di Paris.

Selama satu dekade, APSA telah mengenalkan lebih dari 2.500 film kompetisi dari puluhan negara di kawasan Asia Pasifik. Tahun ini, ada 41 film mewakili 25 negara. Sekitar 1/4 di antaranya adalah film dengan sutradara perempuan dan 1/2 adalah film karya pertama atau kedua sutradara.

Sineas unggulan dan juri dapat bergabung ke Asia Pacific Screen Academy, yang memberi kesempatan bagi para anggota untuk mengajukan dukungan dana film atau mencari rekan kolaborasi.

Acara seremoni penghargaan APSA akan diadakan di Brisbane pada Kamis 23 November 2017 waktu setempat dan akan disiarkan lewat webcast.

 


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA