Film Terbaru Adipati Dolken Berlatar Aceh Pasca-Tsunami

Purba Wirastama    •    08 November 2017 09:08 WIB
adipati dolken
Film Terbaru Adipati Dolken Berlatar Aceh Pasca-Tsunami
dipati Dolken (Foto:Antara/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Adipati Dolken dan aktor Jepang Dean Fujioka bermain di film terbaru berjudul Laut, atau The Man from the Sea, garapan penulis dan sutradara Koji Fukada. Proyek ini merupakan kerja sama produksi antara Nikkatsu Jepang dan Kaninga Pictures Indonesia.

Selain Adipati dan Dean, aktor lain yang terlibat Sekar Sari (Siti), Mayu Tsuruta, Taiga, dan Junko Abe. Kisahnya mengambil latar Banda Aceh pasca musibah tsunami.

Seorang pria misterius (Dean) ditemukan di pantai Banda Aceh oleh Takako (Mayu), pekerja misi pemulihan bencana alam asal Tokyo. Takako menamai dia Laut. Anak Takako, Takashi (Taiga), dan sepupunya (Junko) bersahabat dengan Kris (Adipati) dan Ilma (Sekar), seorang jurnalis.

Sementara itu, Laut melakukan berbagai macam keajaiban yang membuat banyak orang menjadi resah dan curiga, serta bertanya-tanya siapa sebenarnya sosok misterius ini.

Menurut produser Naoko Komuro dari Nikkatsu, proyek ini diawali pada 2014 bersama Koji. Waktu itu ada beberapa ide cerita, tetapi ide soal Laut berlatar tsunami Aceh dinilai paling menonjol.

"Saat itu, belum lama di Jepang, ada bencana gempa bumi besar disertai tsunami, sama seperti di Aceh. Jadi, mungkin akan punya rasa yang sama, Indonesia dan Jepang sama-sama pernah mengalami tsunami. Maka dibuat film dan ini akan menjadi cerita menarik," kata Naoko melalui penerjemah Juanita dalam jumpa pers di CGV Grand Indonesia Jakarta, Selasa 7 November 2017.

Kolaborasi dilakukan Nikkatsu bersama Kaninga, rumah produksi baru berbasis di Jakarta. Menurut produser Willawati, mereka bergabung dengan proyek karena sebelumnya sudah mengenal Koji dan menyukai karya-karya dia. Salah satunya adalah Harmonium, film cerita yang meraih Jury Prize dalam program Un Certain Regard  di Festival Film Cannes 2016.

"(Alasan) kedua, syuting dilakukan di Aceh dan ada pemain dari Indonesia dan Jepang. Jadi kami merasakan ini kesempatan untuk berkolaborasi dengan PH sebesar Nikkatsu. Sebagai pemain baru di industri ini, kami mau belajar sebanyak mungkin dengan banyak PH," kata Willa dalam kesempatan sama.

Proyek ini telah menyelesaikan proses syuting di Aceh selama 23 hari pada Agustus 2017 dan memasuki tahap pasca-produksi. Menurut Giovanni Rahmadeva, salah satu produser dari Kaninga, Laut diproyeksikan untuk dikirim ke festival film internasional.

Setelah itu, Laut  akan dirilis di bioskop domestik pada pertengahan 2018.
 


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA