Nafas Panjang Filosofi Kopi

Purba Wirastama    •    06 Juli 2017 10:38 WIB
film indonesia
Nafas Panjang Filosofi Kopi
(Foto: Dok. Visinema Pictures)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam 20 tahun lebih, cerita pendek Filosofi Kopi  karya Dewi Lestari tidak hanya menjadi sebuah film adaptasi berjudul sama. Namun juga melahirkan lagi satu film sekuel, yang membuat dunia kisahnya jadi lebih luas. Bagi Dewi, film Filosofi Kopi 2  adalah sebuah bonus besar.

"Saya tidak lagi melihat karya saya diadaptasi, tapi saya melihat karakter (ciptaan) saya sudah memiliki hidup sendiri. Dia (mereka) berhasil keluar dari bingkai kecilnya dan bertumbuh besar," kata Dee, nama pena Dewi, dalam jumpa pers FK2  di Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

Dee menulis cerpen Filosofi Kopi  pada 1996. Namun baru diterbitkan menjadi satu buku kumpulan prosa  pada 2006 bersama 17 tulisan lain. Buku ini menuai sukses dengan laris di pasar serta mendapat dua pengakuan dari majalah Tempo dan Khatulistiwa Literary Award.

Sutradara Angga Dwimas Sasongko dan penulis naskah Jenny Jusuf lantas mengadaptasi kisah tersebut ke film layar lebar yang dirilis pada 2015. Kendati tidak sampai ditonton 300 ribu orang di bioskop lokal, FK mendapat pengakuan di dua festival dalam kategori skenario adaptasi dan penyuntingan.

Angga dan tim tidak berhenti di situ. Mereka menampung usulan cerita dari penggemar. Dari situ, mereka membuat film Filosofi Kopi 2. Kisahnya melanjutkan perjalanan dua tokoh utama pemilik kedai kopi, Ben dan Jody. Sekuel ini diberi judul Filosofi Kopi: Ben & Jody.

"Kita merasa, mengapa (cerita Filosofi Kopi) enggak kita kembangkan, dunianya kita lebarkan lagi. Kalau Hollywod punya Marvel, Star Wars, sulit bagi kita (bersaing) karena enggak punya budaya superhero atau alien," jelas Angga.

"Kita punya budaya kopi. Mengapa enggak, dunia fiksi ini kita perbesar dan kita bikin jadi sebuah konten yang bisa hidup di berbagai platform," lanjutnya.

Sejauh ini Visinema telah menyusun potongan kisah lain dalam versi web series dan sandiwara radio, sebagai bagian dari kampanye pemasaran film. Web series musim pertama terdiri dari lima episode dan telah tersedia di YouTube. Kisahnya terjadi di sela-sela film pertama.


(Dok. Visinema Pictures)

Sementara, sandiwara radio kini sedang masuk agenda siaran sejumlah kanal radio FM di lebih dari 50 kota. Para artis peran dari film terlibat langsung sebagai pengisi suara. Ada Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Julie Estelle,  Melissa Karim, Ernest Prakasa, Muhammad Aga, Aufa Assagaf, Westny Dj, dan Otig Pakis.

Kisahnya terjadi di antara jeda waktu kisah antara film FK1  dan FK2. Ben, Jody, dan ketiga barista berkeliling Indonesia dengan mobil combi untuk berjualan kopi. Suatu ketika, mereka bertemu lagi dengan tokoh El dari film pertama. Persahabatan kembali diuji.

Selain itu, orang-orang di balik Visinema juga telah membuka kedai kopi dengan nama yang sama di dua kota. Lewat kedai, mereka juga berjualan beberapa barang koleksi.

"Kredit terbesar, bagi saya, ditujukan ke pihak Visinema dan tim karena memang mereka mengolah (kisahnya) sedemikian rupa sehingga karakter-karakter ini punya hidup yang sangat panjang. Filosofi Kopi ini salah satu karya saya yang paling panjang nafasnya dibanding yang lain," ujar Dee.

Untuk proyek film sekuel tersebut, Dee terlibat sebagai konsultan cerita. Kendati demikian, dia merasa tidak terbebani dengan cerita asli karena cerita versi cerpen sudah tamat. Dee juga mengaku sudah berjarak dengan karakter sehingga dapat dengan mudah mengambil posisi sekadar sebagai penikmat hasil.

"(Saya) nungkin sama terkejutnya dengan penonton. Jadi saya sendiri, di dalam hati, sudah memiliki jarak dengan karakter. Saya bisa menikmati mereka sebagai sesuatu yang berdiri sendiri," tukasnya.


(Dok. Visinema Pictures)

FK2  bercerita tentang mimpi baru Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) untuk kembali mendirikan kedai kopi nomor satu di Jakarta, setelah dua tahun berkeliling Indonesia dan berjualan kopi dengan mobil kombi.

Perjalanan mereka diwarnai konflik perbedaan persepsi. Jody sendiri sadar bahwa dirinya selalu berada di bawah bayang-bayang Ben. Mereka juga bertemu dua perempuan, Tarra (Luna Maya) investor kedai, dan Brie (Nadine Alexandra) barista geek  lulusan sekolah pertanian.

Filosofi Kopi 2: Ben & Jody  akan tayang di bioskop mulai Kamis 13 Juli 2017.


(DEV)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA