Ifa Isfansyah & Faozan Rizal Siapkan Film Komedi Gelap Soal Pesulap

Purba Wirastama    •    02 Agustus 2017 20:30 WIB
film indonesia
Ifa Isfansyah & Faozan Rizal Siapkan Film Komedi Gelap Soal Pesulap
Ifa Isfansyah saat meraih Piala Citra berkat film Sang Penari (Foto: dok. MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Produser Ifa Isfansyah dan sutradara Faozan Rizal sedang menyiapkan proyek film terbaru berjudul Abracadabra yang akan dibintangi oleh Reza Rahadian. Kisah berpusat pada tokoh pesulap dan dikemas dalam balutan komedi gelap.

"Cerita tentang seorang pesulap, yang saat pertunjukannya, dia benar-benar menghilangkan anak kecil yang dimasukkan di boks. Kemudian cerita berkembang dari situ," kata Ifa dalam Temu Media Popcon Asia di Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017.

Ide cerita datang dari Faozan, yang sekaligus menjadi penulis dan sutradara. Ifa bertindak sebagai produser di bawah naungan Fourcolours dan berkolaborasi dengan Aurora Media, perusahaan media dan hiburan dari Singapura. Aurora menjadi salah satu rumah produksi yang memberi dukungan pendanaan.

Menurut Ifa, proyek ini sudah diawali sejak 2015. Waktu itu dia bersama Faozan dan Reza membawa proyek tersebut ke Bucheon International Fantastic Film Festival di Korea Selatan untuk ditunjukkan ke sejumlah calon produser dan investor. Salah satunya adalah Auorora, yang kemudian sepakat untuk melakukan kerjasama produksi.

Aurora sendiri kini telah bermitra dengan Media Goshen Indonesia untuk menyediakan dana investasi konten media di lingkup internasional atas nama Goshen Aurora Capital. Sebelumnya mereka telah membuat film Hollywood-Australia berjudul Storm Boy dan film India-Perancis berjudul Extraordinary Journey of the Fakir.

"Senang sekali ini menjadi salah satu proyek dari Indonesia yang mendapatkan dukungan pendanaan dari Aurora Media. Dan mudah-mudahan ke depan semua berjalan lancar," ujar Ifa.
 
Ifa mengaku bahwa awalnya dia tertarik menjadi produser untuk Faozan karena pendekatan artistik yang dimiliki oleh Faozan. Sebagai pembuat film, Faozan lebih dikenal sebagai sinematografer atau penata kamera di lusinan film, seperti Get Married (2007), Salawaku (2016), dan Kartini (2017).

Dia menjadi sutradara untuk sedikitnya empat film pendek dan panjang. Tiga pertama adalah trilogi film eksperimental yang dibintangi oleh Nobuyuki Suzuki. Film keempat, Habibie & Ainun, menjadi debut penyutradaraan Faozan untuk film panjang komersial. Film ini bertahan di bioskop lebih dari satu bulan dan menjadi film terlaris tahun itu dengan capaian 4,5 juta penonton.
 
"Sebagai produser, saya punya perspektif produksi yang ingin menggabungkan keduanya. Bagaimana kita membuat sebuah proyek yang bisa menguntungkan produser film, tapi secara estetik, saya juga memberikan kepercayaan penuh kepada Faozan Rizal untuk membuat film. Saya membayangkan sebuah proyek yang tetap punya pendekatan artistik kuat tetapi tetap komunikatif untuk penonton," ungkap Ifa.

Proyek Abracadabra masih dalam tahap pengembangan cerita dan naskah, yang diharapkan selesai pada akhir 2017. Setelah berbagai persiapan, film akan mulai diproduksi pada Maret 2018 untuk dirilis di tahun berikutnya. Syuting dilakukan di Jakarta, satu daerah lain, serta dalam perjalanan menuju daerah tersebut, yang kemungkinan besar adalah Yogyakarta.

"Pesulap, setelah menghilangkan anak kecil, dia melakukan perjalanan dan tinggal di suatu tempat yang terpencil," tukas Ifa.


 


(ELG)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

2 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA