Riri Riza Memotret Pengalaman Personal di Film Humba Dreams

Purba Wirastama    •    18 Juli 2017 16:41 WIB
riri riza
Riri Riza Memotret Pengalaman Personal di Film Humba Dreams
Riri Riza (Foto: MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Riri Riza menulis dan menyutradarai film panjang terbaru berjudul Humba Dreams. Bagi Riri, kisah film ini sama personalnya seperti film-film dia yang lain.

"Sebetulnya hampir semua film yang saya buat, pasti ada aspek pengalaman pribadi," ujar Riri saat ditemui kantor Metro TV Jakarta, Selasa 18 Juli 2017.

"Ayah saya dulu adalah pegawai Departemen Penerangan dan sering bekerja menggunakan media film, media seni, untuk tujuan-tujuan informasi pendidikan masyarakat. Jadi itu yang antara lain coba saya potret di film ini," imbuhnya.

Humba Dreams mengikuti perjalanan seorang pelajar film muda di Jakarta, yang diminta pulang ke desanya di pulau Humba (nama lain Sumba). Dari ayahnya, pelajar ini mendapat gulungan film seluloid yang tampaknya sudah terpakai. Sembari mencari cara untuk memproses rekaman gambar tersebut, dia memulai sebuah perjalanan menemukan diri.

Naskah ditulis oleh Riri. Mira Lesmana menjadi produser. Dua pemeran utama adalah satu aktor pendatang baru dari Jakarta dan Ully Triani. Komika Ephy Sekuriti turut terlibat sebagai pemeran pendukung. Selebihnya adalah pemain dari Sumba Timur.

Belum ada informasi lebih lanjut soal jadwal rilis dan distribusi film. Seperti diberitakan sebelumnya, Mira mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan bantuan untuk paska produksi. Namun Riri memastikan bahwa tahap pengambilan gambar telah selesai.

"Mudah-mudahan akhir tahun sudah ada kabar. Karena film ini saya kerjakan perlahan, bukan film yang mau buru-buru. Tetapi syuting sudah selesai di Jakarta dan Sumba. Semua kayaknya baik," ujar Riri.

Humba Dreams menjadi film panjang ke-13 Riri sebagai sutradara sejak film Petualangan Sherina (1999). Sebelumnya dia menyutradarai sekuel Ada Apa dengan Cinta 2 (2016) dan biopik ibu Jusuf Kalla, Athirah (2016).

Riri mengambil latar tempat berbeda dalam sejumlah film. Selain Jakarta dan Yogyakarta, sejauh ini sudah ada Belitung, Kupang, Jambi, Makassar, serta yang terakhir Sumba. Sebelumnya, Riri menjadi co-producer film Pendekar Tongkat Emas (2014), yang juga melakukan syuting di pulau Sumba.

"Saya dari Indonesia Timur. Saya dalam beberapa tahun punya kedekatan luar biasa dengan Sumba," tukas Riri.


 


(ELG)