Kisah Warok dan Gemblak dalam Film Terbaru Garin Nugroho

Purba Wirastama    •    07 September 2018 08:00 WIB
garin nugroho
Kisah Warok dan Gemblak dalam Film Terbaru Garin Nugroho
Kucumbu Tubuh Indahmu (fourcolours films)

Yogyakarta: Fourcolours Films telah merilis trailer untuk film Kucumbu Tubuh Indahku garapan penulis dan sutradara Garin Nugroho. Video dua menit ini menampilkan gambaran kisah yang dijalani Juno, penari Lengger yang menjadi gemblak seorang warok dalam tradisi klasik penari reog.

Film ini diproduksi Ifa Isfansyah atas kerja sama Fourcolours dengan Go-Studio. Muhammad Khan dan Raditya Evandra menjadi aktor utama dengan dukungan pemain antara lain Rianto, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalila, Whani Dharmawan, Endah Laras, Fajar Suharno, dan Windarti.

Menurut sinopsis resmi, film ini berkisah tentang Juno, anak lelaki yang ditinggal ayahnya sendirian di desa mereka di Jawa Tengah. Juno lantas bergabung dengan kelompok tari Lengger, di mana lelaki mengubah penampilan dan gerakan mereka menjadi seperti perempuan.

Namun sensualitas dan seksualitas yang datang dari tarian dan tubuh, ditambah dengan situasi sosial dan politik Indonesia yang kejam, memaksa Juno pindah dari kampung ke kampung. Dalam perjalanan, Juno mendapat perhatian dan kasih sayang dari guru-guru tarinya, tantenya yang aneh, pamannya yang tua, petinju tampan, dan seorang Warok. Kendati begitu, Juno masih harus menghadapi medan tempur tubuhnya seorang diri.

Trailer yang baru saja dirilis menunjukkan secuplik kisah perjalanan Juno yang kelam. Mulai dari rasa penasaran akan tubuh, kekerasan yang diterima sejak kecil, perpindahan, perjumpaan Juno dengan petinju dan warok, hingga penampilannya sebagai penari bergaya perempuan.

Dalam cuplikan dialog, seorang warok, yang diperankan Whani Dharmawan, mengklaim bahwa Juno adalah gemblak miliknya yang tidak boleh disentuh siapapun. Dalam tradisi reog, gemblak adalah laki-laki yang "dipelihara" warok atau penari reog tunggal sebagai sumber kekuatan supranatural. Konon, ketika sedang "puasa perempuan", warok tidur dengan gemblaknya sebagai bagian dari ritual.

Film ini, yang juga punya judul Memories of My Body, akan tayang perdana di Italia dalam Festival Film Internasional Venesia ke-75 pada pekan ini, 6-8 September 2018. Belum ada informasi lebih lanjut tentang rencana rilis Indonesia.




(ELG)