Ada Apa Dengan Cinta 2, Pertemuan Usai Ratusan Purnama

Putu Radar Bahurekso    •    28 April 2016 22:21 WIB
aadc 2
Ada Apa Dengan Cinta 2, Pertemuan Usai Ratusan Purnama
AADC 2 (Foto: Miles Film)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah ratusan purnama, salah satu pasangan paling populer di dunia perfilman Indonesia kembali bertemu. Setelah 14 tahun, Ada Apa Dengan Cinta 2 kembali mempertemukan sosok Cinta (Dian Sastro) dan Rangga (Nicholas Saputra).

Kembali ke-14 tahun lalu, sebuah pertemuan antar dua murid SMA karena lomba puisi melahirkan sebuah film yang begitu dicintai masyarakat Indonesia, khususnya anak muda di era 2000-an.

Singkat cerita, dua sejoli ini harus berpisah karena Rangga harus pergi ke Amerika. Namun, dengan ungkapan yang sangat puitis Rangga menjanjikan Cinta bahwa ia akan kembali setelah satu purnama. Penggemar film ini pun terus menantikan pertemuan dua sejoli ini.

Film ini dimulai dengan adegan reuni dari geng Cinta di galeri kecil milik Cinta. Di sana sudah ada Cinta, Milly (Sissy Priscillia), Maura (Titi Kamal), Trian (Ario Bayu) yang menjadi calon suami Cinta, Christian Sugiono yang menjadi suami Maura, dan Mamet (Dennis Adishwara) suami dari Milly. Mereka semua berkumpul untuk menantikan kehadiran Karmen (Adinia Wirasti).

Karmen pun datang, dan kemudian geng Cinta berencana untuk melakukan liburan ke Yogyakarta sekaligus menghadiri pameran seni Eko Nugroho.

Di belahan bumi lain, di Amerika Serikat, Rangga terlihat memiliki bisnis coffee shop. Tiba-tiba seorang wanita asal Indonesia datang menemui Rangga yang ternyata adalah adik tiri Rangga. Ia meminta Rangga untuk menemui ibunya di Yogyakarta yang sangat merindukan Rangga.

Rangga yang mengetahui Cinta berada di Yogyakarta berusaha untuk menemui Cinta dan menceritakan semuanya.

Tak Ada Yang Berubah

Para tokoh di dalam AADC 2 tak ada yang berubah. Semua bertumbuh sesuai yang dibayangkan oleh penonton. Cinta yang tadinya anak tim mading saat masih SMA, sekarang memiliki galeri kecil. Karmen juga masih menjadi sosok perempuan tangguh.

Begitupun Rangga, ia masih puitis. Jika di film pertama ia terlihat sering membaca buku Aku karya Sjuman Djaya. Kini adegan Rangga pertama kali terlihat bersama tumpukan buku karya Haruki Murakami, seorang penulis asal Jepang.

Cinta pun masih baik dengan membiarkan Rangga meminta maaf dan berbicara panjang. Rangga juga masih introvert dan sesekali mengeluarkan komentar yang cukup pedas.

Percakapan Rangga dan Cinta juga masih didominasi oleh bahasa Indonesia yang baik. Sama seperti AADC pertama, mereka berbicara dengan bahasa pengucapan ‘Saya’ dan ‘Kamu’ saat berbicara.

 
Sentilan-Sentilan Kecil

Dalam film AADC 2 ini juga masih terdapat sentilan–sentilan kecil terhadap kehidupan sosial ataupun bernegara seperti yang ada di AADC 1.

Dalam AADC pertama diceritakan bahwa ayah dari Rangga sempat membuat penelitian mengenai korupsi pada masa orba sehingga ia dipecat dan dianggap komunis. Rumahnya beberapa kali dilempari bom molotov.

Rangga dan ayahnya pun hanya hidup berdua. Ibu Rangga beserta kakak-kakaknya pergi meninggalkan Rangga dan ayahnya.

Tak hanya itu, ada lelaki lain yang menyukai Cinta namun ia cemburu dengan kedekatan Cinta dan Rangga. Sehingga lelaki tersebut menyebutkan kepada Cinta bahwa Rangga adalah keluarga berbahaya.

Di AADC 2 terdapat satu adegan yang bertempat di Candi Ratu Boko di mana Rangga bilang bahwa ia rajin ikut pemilu. Namun, Rangga tidak menyebutkan siapa pilihannya. Rangga kemudian berkata, “jangan-jangan kita milih calon presiden yang sama lagi."

Lalu kemudian Cinta mengiyakan kemungkinan tersebut. Rangga kemudian balik bertanya kepada Cinta sambil tertawa, “Gimana? Nyesel gak?”

Salah satu hal yang menarik juga ialah, Rangga yang hidup di Amerika Serikat dengan ekonomi yang tidak mapan. Ini memperlihatkan bahwa tidak semua orang merantau keluar negeri menjadi sukses seperti yang sering dibayangkan masyarakat Indonesia.

Rangga sejak ayahnya meninggal di Amerika Serikat, kuliahnya berantakan. Namun ia berhasil memulihan diri dan kemudian membuka coffee shop kecil yang hanya memiliki satu pegawai dan Rangga juga menjadi salah satu penulis di majalah di Amerika Serikat.

Disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana, AADC 2 tayang di bioskop pada 28 April 2016.


(ELG)

Di Balik Balada Cinta Geisha

Di Balik Balada Cinta Geisha

2 days Ago

Pada tahun ini, Geisha telah berusia 14 tahun. Sejauh ini mereka konsisten menghadirkan balada …

BERITA LAINNYA