Layar Perak

Islam dalam Bingkai Layar Lebar

   •    20 Maret 2017 12:49 WIB
film
Islam dalam Bingkai Layar Lebar
Adegan Bidah Cinta (Foto: Kaninga Pictures)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dunia perfilman kembali diramaikan dengan film-film bergenre drama religi. Mengangkat fenomena perbedaan yang terjadi di masyarakat tentang Islam dan membingkainya dalam layar lebar.

Bid'ah cinta, drama religi yang mencoba mengangkat fenomena bid'ah yang sering kali jadi polemik di masyarakat. Kisah fiksi yang diangkat berdasarkan pengamatan dan fenomena perbedaan pemahaman tentang agama Islam. 

"Kita berbicara bahwa perbedaan adalah niscaya, tapi bukan alasan untuk kita pecah, saling bertarung. Perbedaan itu mutlak, bagaimana caranya hidup berdampingan," kata Sutradara Bid'ah Cinta Nurman Hakim, dalam Layar Perak, Sabtu 18 Maret 2017.

Meskipun banyak mendapat kecaman sejak pertama kali trailer diluncurkan, Nurman tak khawatir filmnya menjadi bahan cemoohan penonton. Nurman berkeyakinan, selama tidak menyudutkan salah satu pihak, tidak ada masalah.

"Selama kita memberi gambaran seimbang, memotret realitas tanpa menuyudutkan, saya kira enggak masalah. Sebelum menonton banyak yang menjudge. Ketika menonton penonton punya pemahaman oh ternyata tidak seperti itu," katanya.

Ben Sohib, penulis skenario Bid'ah Cinta berpendapat sama. Film yang digarap bersama rumah produksi Kaninga ini tak bermaksud meributkan perbedaan dan tidak ada kaitannya dengan situasi saat ini. 

"Film ini diproduksi jauh sebelum situasi yang berkembang sekarang. Kita berimbang, kita tidak masuk dalam teologis. Perbedaan pemikiran itu kita tidak masuk, kita hanya memotret bahwa realitas itu ada," kata Ben.

Ben pun berharap, film yang sudah rilis di bioskop sejak 16 Maret ini mendapatkan sambutan positif dari penonton dengan harapan dapat diterima oleh masyarakat.




(MEL)

Menantang Gitar Kelas Dunia

Menantang Gitar Kelas Dunia

16 hours Ago

Tiba-tiba Buddy Blaze kunjungi Sidoarjo, Jawa Timur. Bukan ingin melihat 'lumpur lapindo…

BERITA LAINNYA