Ini Dia Pemeran Mulan Versi Live-Action

Cecylia Rura    •    30 November 2017 15:31 WIB
film hollywoodwalt disney
Ini Dia Pemeran Mulan Versi Live-Action
Liu Yifei (Foto: gettyimages)

Jakarta: Aktris asal Tiongkok, Liu Yifei atau populer dengan nama Crystal Liu terpilih memerankan Mulan dalam film live-action garapan Disney yang disutradarai oleh Niki Caro.

Sebelumnya, tim kerja produksi telah mengunjungi beberapa benua dan melihat lebih dari 1.000 kandidat. Persyaratan untuk memerankan tokoh Mulan terbilang cukup ketat. Kandidat harus memiliki kemampuan bela diri, mampu berbahasa Inggris, dan bakat setara bintang kelas papan atas.

Untuk menghormati budaya Tiongkok, pihak studio fokus dalam mencari sosok perempuan muda etnis Tionghoa untuk memerankan tokoh utama Hua Mulan. Mengambil latar sejarah abad kelima, pemeran Mulan akan menyamar sebagai pria yang mengambil alih tugas wajib militer sang ayah di Tiongkok.

Karakter Liu Yifei dirasa sempurna untuk memerankan tokoh Hua Mulan. Di Tiongkok, Liu merupakan seorang aktris, terkenal dengan sebutan Fairy Sister oleh karena wajahnya yang tampak cantik. Namanya mulai tenar sejak membintangi sejumlah serial drama televisi di pertengahan 2000 dan sempat masuk dalam Beijing Film Academy saat masih remaja.

Sempat menghabiskan masa kecil di kawasan Queens, New York, Liu tentu pandai berbahasa Inggris. Dia juga sempat bermain dalam film The Forbidden Kingdom pada 2008 bersama aktor senior Jackie Chan dan Jet Li. Kemudian pada 2014, Liu ikut bermain dalam film Outcast beraduakting dengan Nicolas Cage dan Hayden Christensen.

Prestasinya kian terlihat saat membintangi film The Chinese Widow bersama Emile Hirsch di Denmark, yang disadur dari  kisah romantis karya penulis Bille August. Film ini menjadi pembuka acara Shanghai Film Festival pada bulan Juni lalu.

Karier cemerlang di dunia perfilman melambungkan namanya hingga dilirik oleh beberapa industri garmen dan produk bermerek untuk menjadi amabassador. Sebut saja Dior, Tissot, Garnier dan Pantene.

Proyek terbaru yang baru dirampungkan oleh Liu adalah film fantasi romantis Once Upon a Time dengan perolehan keuntungan USD82,3 juta di Tiongkok pada musim panas tahun ini. Liu pertama kali mendapatkan penghargaan di Macau International Movie Festival berkat aktingnya dalam The Assassins pada 2012, dan sempat bermain dalam film Never Gone, dan film trilogi The Four.

Liu juga baru saja menandatangani kontrak dengan pihak WME dan diwakilkan oleh sang manajer David Chen.

Sutradara Niki Caro yang baru saja menyelesaikan proyek The Zookeeper's Wife akan mengarahkan para pemain dalam film live-action Mulan garapan Disney. Film ini diproduseri oleh Chris Bender, Jason Reed dan Jake Weiner dan rencananya akan dirilis pada 2019 mendatang.

Film Mulan versi animasi yang tayang pada 1998 silam saat itu mengajak Ming-Na Wen sebagai pengisi suara bersama Eddie Murphy dan B. D. Wong dengan penghasilan mencapai USD304,3 juta, dan berhasil masuk dalam nominasi penghargaan bergengsi Golden Globe dan Academy Awards.

 


(ELG)