Sutradara Jepang Senang Syuting Film di Aceh

Purba Wirastama    •    08 November 2017 14:28 WIB
Sutradara Jepang Senang Syuting Film di Aceh
Koji Fukada bersama penerjemah Juanita saat ditemui di CGV Grand Indonesia Jakarta, Selasa malam (7-11-2017) (Foto: Metrotvnews/Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sutradara Jepang Koji Fukada melakukan pengambilan gambar untuk film Laut (The Man from the Sea) di kota Banda Aceh dan Pulau Sabang pada Agustus 2017 lalu. Koji mengaku terkesan dan senang atas pengalaman tersebut karena syuting berjalan dengan baik.

"Pertama kali memutuskan syuting di Banda Aceh, saya khawatir karena begitu banyak perbedaan (bahasa dan budaya)," kata Koji lewat penerjemah Juanita saat ditemui di CGV Grand Indonesia Jakarta, Selasa (7/11/2017).

"Setelah dijalani, dengan lingkungan dan staf produksi, ini adalah pengalaman paling baik yang pernah saya miliki selama syuting (membuat film). Karena itu, saya sangat berterima kasih atas bantuan setiap staf produksi di Indonesia dan Aceh," lanjut Koji.

Laut adalah proyek film kolaborasi Jepang dan Indonesia lewat rumah produksi Nikkatsu dan Kaninga Pictures. Proyek digagas oleh Koji dan produser Naoko Komuro pada 2014 untuk merespons musibah tsunami yang dialami penduduk Aceh pada 2004 dan Jepang pada 2011.

Sebelum syuting, Koji sempat khawatir apa produksi film dapat dilakukan di Aceh karena bahkan tidak ada bioskop di kawasan ini. Dia juga ragu bagaimana menyiasati peraturan setempat soal larangan aktivitas selama adzan lima kali dalam sehari.

"Ternyata staf dari Kaninga sangat kooperatif, bikin jadwal enak. Syuting jadi lancar. Saya merasa nyaman," ungkap Koji.

Sebelumnya Koji juga telah mendengar kabar mengenai hukum syariah di Aceh. Dia dan tim lantas mencari tahu lebih lanjut soal aturan tersebut supaya dapat menyesuaikan diri.

"Memang, berita tentang Aceh dan hukum syariah ada di Jepang. Tapi ketika mulai tinggal di sana untuk syuting, ternyata tidak seheboh itu. Peraturannya, kalau kita dengar di berita, bikin takut. Ternyata tidak seperti itu. Itu sisi lain yang saya dapat dari Aceh," ucap dia.

Laut bercerita tentang seorang pria misterius (Dean Fujioka) yang ditemukan di pantai Aceh oleh Takako (Mayu Tsuruta), pekerja pemulihan bencana alam asal Tokyo. Lelaki ini, yang lantas dijuluki Laut, mulai melakukan berbagai macam keajaiban yang membuat banyak orang resah dan curiga. Mereka bertanya-tanya siapa sebenarnya sosok misterius ini.

Koji menjadi penulis dan sutradara. Naoko Komuro menjadi produser bersama Willawati dan Giovanni Rahmadeva dari Kaninga Pictures. Aktor lain yang terlibat adalah Adipati Dolken, Sekar Sari, Taiga, dan Junko Abe.

Proyek ini sedang dalam tahap pasca-produksi. Film akan dikirim terlebih dulu ke beberapa festival film internasional sebelum dirilis di bioskop pada pertengahan 2018.


 
(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA