Proses di Balik Pembuatan Suara Porg di Star Wars: The Last Jedi

Purba Wirastama    •    01 Januari 2018 15:25 WIB
star wars
Proses di Balik Pembuatan Suara Porg di Star Wars: The Last Jedi
Seekor Porg dan Chewbacca di Star Wars The Last Jedi (disney-lucasfilm)

Los Angeles: Penonton Star Wars: The Last Jedi barangkali ingat Porg, tokoh makhluk kecil dari planet air yang dirancang menyerupai puffin, burung hantu, dan bayi anjing laut. Namun, bagaimana dengan suaranya?

Kicauan melengking spesies Porg ternyata juga berasal dari suara tiga jenis burung sekaligus yang diolah lebih lanjut secara digital. Dalam wawancara dengan Cinema Blend, perancang suara Ren Klyce menuturkan proses ini. Menurut dia, desain suara dimulai dari kandang ayam Skywalker Sound, studio audio di bawah atap Lucasfilm.

"Ada kandang ayam dengan ayam kecil di Skywalker Sound," kata Ren, dikutip dari Cinema Blend.

"Coya Elliott, asisten pertama kami, ke sana dan merekam ayam-ayam itu. Suaranya lalu kami olah untuk diperlambat, diregangkan, dan munculah suara kicauan kecil," lanjutnya.

Satu materi ini belum cukup. Mereka menambah dua jenis suara lagi untuk diolah. Salah satunya adalah suara burung merpati yang mereka dapatkan lewat penyedia jasa merpati untuk pernikahan. Satu lagi adalah suara kalkun.

"Kami juga bertemu seorang yang melepas merpati untuk acara pernikahan. Kami minta dia datang supaya kami dapat merekam merpati tersebut. Jadi, kami punya potongan kecil suara kalkun, ayam, dan merpati yang semua kami gabungkan," tutur Ren.

Kombinasi tersebut menghasilkan kicauan melengking yang terkesan familiar tapi juga sekaligus asing. Dalam The Last Jedi, kawanan Porg sering muncul di layar kendati tidak punya peran signifikan dalam perjalanan cerita. Kicauan mereka juga relatif sering terdengar sepanjang film.

Porg adalah satu dari sekian spesies makhluk baru dalam seri film Star Wars. Selain Porg, dua makhluk baru antara lain Vulptex dan The Caretakers.

Vulptex merupakan rubah kristal es yang hidup berkelompok di Planet Crait kaya mineral. The Caretakers adalah spesies amfibi di Planet Ahch-to yang mengenakan baju biarawati dan semuanya berjenis kelamin betina.

Neal Scanlan, sang perancang makhluk menyebut bahwa dia membuat karakter baru mencapai 180 jenis untuk The Last Jedi. Namun, tak semua dipakai.




(DEV)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA