Film Surat Kecil Untuk Tuhan Disiapkan untuk Enam Seri

Purba Wirastama    •    01 Juni 2017 10:11 WIB
film indonesia
Film Surat Kecil Untuk Tuhan Disiapkan untuk Enam Seri
(Foto: Purba Wirastama)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film Surat Kecil untuk Tuhan  produksi Falcon Pictures akan dirilis pada akhir Juni 2017. Menurut produser Frederico, film ini merupakan seri pertama dari rangkaian yang telah direncanakan.

"Jadi akan ada enam seri, ada enam cerita, dengan surat yang berbeda-beda. Tidak ada hubungannya dengan yang pertama (SKUT versi 2011). Murni cerita baru," kata Frederico di Plaza Indonesia Jakarta, Rabu 31 Mei 2017.

SKUT  pertama yang dimaksud Frederico adalah film besutan Alex Komang dalam naungan Skylar Pictures pada tahun 2011. Kisahnya diadaptasi dari novel terbitan 2008 berjudul sama karya Agnes Davonar, tentang gadis kecil penderita kanker.

Pada 2016, Agnes Davonar menerbitkan seri kedua novel SKUT di bawah bendera divisi penerbitan Falcon. Dalam penulisan resmi di buku, judul dibuat sama dan tanpa tambahan angka.

Novel SKUT #2 lantas diangkat ke film layar lebar. Upi Avianto mengembangkan naskah. Fajar Bustomi menjadi sutradara. Sementara, Agnes bersama Falcon sedang menyiapkan lima novel SKUT lain.

Frederico menganggap waralaba kisah ini seperti buku seri Chicken Soup for the Soul  karya dua motivator Jack Canfield dan Mark Victor Hansen. Chicken Soup  merupakan kompilasi cerita pendek inspirasional, berdasarkan berbagai kisah temuan kedua motivator dalam banyak kesempatan.

"Banyak anak yang membuat surat kepada Tuhan, berbeda-beda. Dan itu bisa dijadikan cerita lain. Kalau di luar negeri mungkin bukunya seperti Chicken Soup for the Soul. Kurang lebih yang mau kita bikin seperti ini," ujar Frederica.

Falcon tetap memakai 'Surat Kecil untuk Tuhan' untuk judul film terbaru mereka, kendati sudah dipakai di film SKUT #1. Frasa tersebut dinilai sudah sangat kuat dan tepat sebagai sebuah nama brand

"Judul ini sangat powerfull. Kalaupun sudah ada, itu bukan alasan yang kuat kita mengganti sebuah judul. Jadi kita nggak mau ambil keputusan karena didasarkan kesamaan. Sayang ya, arena brand-nya sudah kuat," ungkap Frederico.

Proyek waralaba kisah ini dipastikan termasuk proyek bernilai besar di Indonesia. Untuk film SKUT pertama Falcon, pengeluaran produksi mencapai lebih dari Rp 10 miliar. Anggaran untuk promosi bahkan lebih banyak.

Menurut Frederico dan Fajar, kebutuhan tinggi ada di keterlibatan para pemain besar, peralatan kamera, properti artistik, pengosongan set jalan raya dan stasiun, serta proses pewarnaan di tahap paska-produksi.

Selain itu, waktu syuting juga tidak bisa dipadatkan jadi beberapa hari karena banyak pemain anak terlibat. Syuting selama 23 hari di Jakarta dan tiga hari di Sydney.

Film SKUT  arahan Fajar bercerita tentang dua anak kakak beradik yatim piatu yang hidup sebagai gelandangan dan ditampung oleh preman bernama Rudi (Lukman Sardi). Setelah 15 tahun berpisah karena kecelakaan, sang adik (Bunga Citra Lestari) kembali ke kota asal dan mencari jejak kakaknya. Dia meminta Rudi bertanggung jawab.

Selain Lukman dan BCL, film ini juga dibintangi oleh Joe Taslim, Aura Kasih, dan Maudy Koesnaedy. Surat Kecil untuk Tuhan  dijadwalkan tayang mulai hari Minggu 25 Juni 2017.


(DEV)