Menyimak Doodlebug, Film Pendek Christopher Nolan di Awal Karier Sutradara

Purba Wirastama    •    11 April 2017 09:00 WIB
christopher nolan
Menyimak Doodlebug, Film Pendek Christopher Nolan di Awal Karier Sutradara
Christopher Nolan (Foto: Hollywood Reporter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menengok karya awal seniman terkemuka menjadi hal yang menarik. Dengan melihat bagaimana mereka menapaki karier sejak awal, kita akan memeroleh gambaran bagaimana mereka bertransformasi, sekaligus melihat ciri khas yang melekat pada seniman tersebut.

Salah satu seniman kenamaan yang patut disimak adalah sutradara film Christoper Nolan. Para penikmat karya-karyanya barangkali telah paham bahwa konsep 'tanpa batas' atau 'sesuatu di dalam sesuatu' menjiwai sejumlah film arahan Nolan. Sebut saja Inception (2010) dengan mimpi di dalam mimpi, Interstellar (2014) dengan relativitas waktu yang tak ada habisnya, atau Memento (2000) dengan struktur cerita di dalam cerita.

Dalam kajian seni, pengulangan tanpa batas ini sering disebut dengan istilah mise-en-abyme, droste effect, atau rekursi. Contoh lain penggunaan teknik ini adalah kaver album Pink Floyd tahun 1969 berjudul Ummagumma.

Untuk Nolan, obsesinya terhadap konsep tersebut ternyata telah tampak dalam film pendek berjudul Doodlebug. Film ini dibuat pada tahun 1997 setelah lulus dari University College London, dan setahun sebelum debut film panjangnya berjudul Following (1998).

Doodlebug merupakan film pendek ketiga yang dia buat. Film ini bercerita tentang seorang pria yang sedang memburu serangga di dalam kamar. Dua film sebelumnya adalah Tarantella (1989) dan Larceny (1995) tetapi tidak dirilis.

Beruntung Shortsbay.com, situs koleksi film-film pendek dunia, turut memasukkan film Doodlebug ke dalam katalog mereka. Film berdurasi 3 menit ini dapat ditonton secara bebas di Youtube. Berikut tautan untuk menonton film tersebut.




(DEV)

Di Balik Balada Cinta Geisha

Di Balik Balada Cinta Geisha

6 days Ago

Pada tahun ini, Geisha telah berusia 14 tahun. Sejauh ini mereka konsisten menghadirkan balada …

BERITA LAINNYA