Beda Musik Film Drama dan Horor Menurut Anto Hoed

Purba Wirastama    •    15 Juli 2017 17:36 WIB
anto hoed
Beda Musik Film Drama dan Horor Menurut Anto Hoed
Anto Hoed (Foto: metrotvnews/shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai penata musik film, karya Anto Hoed lebih dikenal lewat film-film drama romansa. Dari 20 film selama 17 tahun karier, hanya ada satu film komedi dan dua film horor, termasuk The Doll 2 yang akan tayang dalam waktu dekat.

Pengerjaan musik untuk film beraliran drama dan horor jelas punya perbedaan. Menurut Anto, salah satu bedanya adalah soal panjang pendek potongan musik.

"Kalau drama mungkin saya bisa bikin panjang. (Musik dari) adegan ke adegan bisa berlanjut (tanpa dipotong). Tapi kalau film horor, tiba-tiba bisa ada, ketegangan enggak boleh terlalu tinggi, kadang musti detail," kata Anto dalam gala premiere film The Doll 2 di Senayan City Jakarta.

The Doll 2 adalah film horor kedua Anto sebagai penata musik. Film horor pertama adalah Tarot (2015), yang juga diproduksi oleh Hitmaker Studios dengan produser Rocky Soraya. Dalam The Doll 2, Rocky juga menjadi sutradara dan salah satu penulis naskah.

"Itu semua (penentuan ritme musik) jatuhnya ada di sutradara, dalam hal ini (The Doll 2), Rocky. Rocky memutuskan dengan baik. (Musik) berhenti di mana, muncul lagi di mana, ditambah lagi di mana," lanjut Anto.

Anto menjadi penata musik di sedikitnya 20 film sejak 2001. Film pertama adalah Ada Apa dengan Cinta? garapan sutradara Rudi Soedjarwo, yang mengantarkan Anto meraih Piala Citra 2004 untuk kategori tata musik terbaik. Tahun berikutnya, Anto kembali mendapat penghargaan untuk penataan musik di film Tentang Dia, yang juga disutradarai oleh Rudi.

The Doll 2 adalah sekuel untuk film The Doll (2016). Kisah boneka berhantu terjadi pada keluarga lain dan dengan boneka berbeda. Aldo (Herjunot Ali) dan Maira (Luna Maya), berduka karena Kayla, anak perempuan semata wayang, meninggal dalam kecelakaan maut. Pada hari ulang tahun Kayla, Maira merasakan kehadiran hantu yang diyakini arwah Kayla.

Atas saran teman (Maria Sabta), sang ibu melakukan ritual pemanggilan arwah dengan boneka kesayangan baru. Namun upaya ini justru berujung pada teror gaib yang mengancam nyawa. Bu Laras (Sara Wijayanto) dan Bagas (Rydhen Afexi), paranormal kakak beradik, datang membantu.

Naskah ditulis oleh Rocky bersama dengan Riheam Junianti dan Fajar Umbara. Pemain pendukung lain adalah Mega Caferansa dan Ira Ilva Sari.

The Doll 2 dijadwalkan tayang di bioskop mulai Kamis 20 Juli 2017.


 
(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA