J.K Rowling Sebut Karya Terbarunya Terinspirasi Mitologi Indonesia

Purba Wirastama    •    27 September 2018 12:40 WIB
film hollywoodharry potter
J.K Rowling Sebut Karya Terbarunya Terinspirasi Mitologi Indonesia
Claudia Kim sebagai Nagini dalam Fanstastic Beasts: Crimes of Grindelald (Foto: Warner Bros)

Jakarta: Kejutan di trailer terbaru Fantastic Beasts 2, bahwa aktris berdarah Asia timur Claudia Kim adalah pemeran tokoh Nagini, yang ternyata adalah makhluk mistik ular setengah manusia, memancing protes dari sejumlah penggemar kisah Harry Potter. 

Mereka menganggap penjelasan karakter "setengah manusia" terlalu memaksa dan pemilihan Claudia hanya demi mendapat kesan keragaman rasial. Dalam tujuh episode novel Harry Potter, Nagini selalu diceritakan sebagai ular mistik betina berukuran besar, yang adalah perpanjangan nyawa Voldemort.

Tak lama, JK Rowling sang penulis kisah aslinya membalas kritik ini dengan penjelasan yang cukup masuk akal. Menurut Rowling, nama dan karakter Nagini tercipta lewat referensi makhluk mitos naga asal Indonesia.





"Naga adalah makhluk mitos mirip ular dalam mitologi Indonesia, karena itu namanya Nagini," kicau @jk_rowling menanggapi komentar @J_A_Moulton, Rabu, 26 September 2018.

"Kadang mereka digambarkan bersayap, kadang setengah manusia setengah ular. Indonesia terdiri atas ratusan kelompok etnis, termasuk Jawa, Cina, dan Betawi. Semoga harimu indah," lanjutnya.

Kita mengenal naga sebagai makhluk mistik yang punya banyak versi penggambaran. Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebut naga sebagai ular besar. Menurut Ensiklopedia Britannica, naga adalah makhluk setengah kobra setengah manusia dalam mitologi Hinduisme, Buddhisme, serta Jainisme. 

Kamus Sansekerta Indonesia punya istilah "naga" yang artinya juga sama. Bahkan ada yang lebih spesifik, yaitu "nagagini" atau ular betina. Dalam kisah pewayangan Mahabharata, yang dipengaruhi oleh Hinduisme, ada tokoh wayang bernama Nagagini, anak dari dewa ular Sang Hyang Antaboga. Dongeng klasik Jawa juga punya tokoh manusia ular bernama Nyi Blorong. 

Dengan referensi ini, sebenarnya bukan hal mengejutkan ketika JK Rowling menciptakan tokoh bernama Nagini yang adalah "ular betina raksasa" dan "manusia ular". Naga tanpa sayap juga bisa ditemui dalam versi berbeda di negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara. 

Namun jika JK Rowling mengambil referensi dari Indonesia, kenapa aktrisnya dari Korea Selatan?

Cerita yang dibagikan Acha Septriasa lima bulan silam mengungkap satu hal menarik lain di balik produksi film ini. Dia punya peluang besar untuk menjadi pemeran Nagini, tetapi batal. 

Pada 10 April 2018, Acha mengunggah video pikniknya ke wahana Harry Potter di Hollywood. Dalam keterangan video di Instagram, Acha menuliskan cerita cukup panjang, bahwa dia pernah mendapat tawaran audisi dari London untuk proyek rahasia bernama "Voltaire". Untuk audisi, dia akan membaca peran sebagai Natalie, yang berdialog dengan Charles di sebuah atap kota Paris. 

"Sebuah karakter yang rapuh yang bisa menjelma menjadi siluman. Ha-ha-ha agak clueless sebenarnya, karakter fantasi apa ini?" tulis @septriasaacha. 

"Ternyata itu adalah Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, sebagai maledictus, sang ular buas," imbuhnya.

Kendati telah ikut audisi, pada akhirnya Acha memilih untuk tidak melanjutkan karena sedang hamil tujuh bulan.

"Kesempatan itu terlewat dengan datangnya Brie ke dalam hidupku, harapanku. Semoga mimpi itu akan datang kembali suatu saat nanti, datang dari seluk beluk rahasia-Nya, yang menyapa lewat keajaiban- keajaiban," lanjut Acha. 

Dalam postingan berikutnya, Acha juga memberi penjelasan kenapa JK Rowling Warner Bros butuh pemeran berwajah Asia untuk peran Nagini. Dia mengunggah foto sebuah kaver dengan tulisan: Venu Des Profondeurs De La Jungle Indonesienne. Tampak gambar wanita berbaju biru dengan ular panjang raksasa yang melilit tubuhnya.

"Kenapa mereka butuh wajah Asia untuk memerankan seorang Maledictus? Dia adalah ratu ular dari Kalimantan, Indonesia," tulis Acha pada foto 15 April 2018. Claudia Kim akhirnya menjadi aktor berwajah Asia yang dimaksud.


Unggahan akun Acha Septriasa melalui akun Instagram pribadinya, pada 12 April 2018 (Foto: Instagram @septriasaacha)



Unggahan akun Acha Septriasa melalui akun Instagram pribadinya, pada 15 April 2018 (Foto: Instagram @septriasaacha)

Film ini disutradarai David Yates dengan naskah tulisan JK Rowling. Selain Claudia Kim, pemain yang terlibat antara lain Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Dan Fogler, Alison Sudol, Ezra Miller, Zoe Kravitz, Callum Turner, William Nadylam, Kevin Guthrie, Jude Law, dan Johnny Depp. 

Fantastic Beasts: Crimes of Grindelwald dijadwalkan rilis di bioskop pada November 2018.
 


(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA