Garap Film The Perfect Husband, Sutradara Belajar dari Surat Cinta untuk Starla

Purba Wirastama    •    05 Maret 2018 18:37 WIB
film indonesia
Garap Film The Perfect Husband, Sutradara Belajar dari Surat Cinta untuk Starla
Rudi Aryanto, sutradara film The Perfect Husband (Foto: Purba Wirastama)

Jakarta: Sutradara Rudi Aryanto mengerjakan film drama percintaan terbaru yang berjudul The Perfect Husband. Untuk aspek kreatif film ini, Rudi mengaku belajar soal bahasa visual lewat film yang digarap sebelumnya, Surat Cinta untuk Starla.

"Aku mau eksplorasi kekuatan film di medium shot (sudut arah kamera dari jarak sedang). Kenapa? Supaya penonton menikmati gesture (karakter), enggak melulu close-up (kamera jarak dekat)," kata Rudi kepada Medcom.id saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin, 5 Maret 2018.

"Jadi pemahaman penonton tentang adegan itu bisa cepat sampai. Jangan sampai aku potong adegan, tapi menganggu penonton. Gambar mungkin penting enggak penting, tapi efek dari gambar itu, penonton yang tahu. Kadang begini, sutradara punya ego, tapi saat kita sambung sedemikian rupa, itu menganggu emosi penonton. Kita asyik nonton, tiba-tiba ada shot yang ganggu," lanjut Rudi.

Rudi menyebut bahwa dalam film Surat Cinta untuk Starla yang dirilis pada akhir Desember 2017 lalu, ada terlalu banyak gambar cantik jarak jauh. Dia menyadari rangkaian gambar semacam ini justru membuat penonton lupa bahwa ada karakter yang hidup di situ.

"Kontra-produktif. Kita mau ambil emosi penonton atau gambarnya? Kadang kita menonton film, asyik ke gambar, lupa dengan emosi penonton. Kadang-kadang gambar kelewat keren, tetapi orang enggak lihat orangnya," tutur Rudi.

Untuk film The Perfect Husband, Rudi mengaku ingin fokus ke kedalaman emosi dan bukan lagi sekadar gambar lanskap cantik.

"Ini lebih intens ke emosi," tukas Rudi.

Film ini mengikuti kisah Ayla (Amanda Rawles), gadis SMA tahun terakhir yang sedang menikmati masa remaja dan hubungan asmara dengan Ando (Maxime Bouttier), vokalis grup musik rock. Suatu saat Ayla tak sengaja menabrak mobil Arsen (Dimas Anggara), pilot muda yang ternyata calon suaminya atas pilihan sang ayah (Slamet Rahardjo).

Ayla berontak tak merasa perjodohan tak masuk akal. Pasangan kakak Ayla yakin bahwa sang ayah menjodohkan adik mereka karena Ando dinilai punya pengaruh buruk.

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Indah Riyana. Naskah adaptasi ditulis oleh Sukhdev Singh, Tisa TS, dan Ben Setiawan. Sukhdev menjadi produser bersama Wicky Ollindo di bawah bendera Screenplay Pictures. Legacy Pictures bergabung sebagai rekan produksi.

The Perfect Husband akan dirilis di bioskop pada Kamis, 12 April 2018.



 


(DEV)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

2 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA