Aktor Pemeran Siti Menjadi Perempuan Aceh di Film Terbaru

Purba Wirastama    •    08 November 2017 15:16 WIB
sekar sari
Aktor Pemeran Siti Menjadi Perempuan Aceh di Film Terbaru
Sekar Sari (Foto: Metrotvnews/Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekar Sari, pemeran utama Siti, Film Terbaik FFI 2015, bermain di film terbaru berjudul Laut garapan sutradara Jepang Koji Fukada. Dia berperan sebagai jurnalis Aceh bernama Ilma.

"Ilma perempuan Aceh yang punya rasa penasaran tinggi, semangat tinggi. Dia mengalami banyak hal. Mungkin beberapa orang menganggap dia kasihan. Tapi dia perempuan kuat, dia punya sesuatu yang menarik dan dia bangga dengan itu," kata Sekar saat ditemui di CGV Grand Indonesia Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Sekar, yang lahir dan besar di Yogyakarta, mengaku syuting film Laut adalah kali pertama dia datang ke Aceh. Dia meriset seperti apa karakter umum perempuan Aceh melalui buku, artikel, dan film dokumenter.

Dari proses tersebut, perempuan kelahiran 1988 ini mengetahui bahwa sejarah Aceh telah mencatat banyak tokoh perempuan yang dapat dijadikan inspirasi. Bahkan mereka telah menginspirasi para perempuan Aceh sekarang.

"Menurut saya, sosok inspiratif, kayak pahlawan ini, juga jadi inspirasi para perempuan Aceh untuk menyuarakan ide mereka, bagaimana mereka bisa berekspresi untuk menyampaikan ide mereka," ucap Sekar.

"Ada beberapa tokoh LSM Aceh dan mereka sangat vokal untuk dapat memberikan solusi atau gerakan yang sangat suportif untuk Aceh," imbuhnya.

Laut, atau The Man from the Sea, bercerita tentang seorang pria misterius (Dean Fujioka) yang ditemukan di pantai Aceh oleh Takako (Mayu Tsuruta), pekerja pemulihan bencana alam asal Tokyo. Lelaki ini, yang lantas dijuluki Laut, mulai melakukan berbagai macam keajaiban yang membuat banyak orang resah dan curiga.

Tokoh Takako mempunyai seorang anak dan keponakan yang diperankan Taiga dan Junko Abe. Ilma, tokoh yang diperankan Sekar, bersahabat dengan kedua tokoh tersebut. Ada juga seorang sahabat lagi yang diperankan oleh Adipati Dolken.

Naskah film ini ditulis oleh Koji yang sekaligus menjadi sutradara. Produksi dilakukan oleh Nikkatsu dan Kaninga Pictures dengan produser Naoko Komuro, Willawati, dan Giovvani Rahmadeva.

Proyek ini sedang dalam tahap pasca-produksi. Film akan dikirim terlebih dulu ke beberapa festival film internasional sebelum dirilis di bioskop domestik pada pertengahan 2018.

 
(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA