Asosiasi Sutradara IFDC Pilih Ifa Isfansyah sebagai Ketua Baru

Purba Wirastama    •    28 Februari 2018 10:17 WIB
film indonesia
Asosiasi Sutradara IFDC Pilih Ifa Isfansyah sebagai Ketua Baru
Lasja Susatyo dan Ketua IFDC 2018-2023 Ifa Isfansyah (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Asosiasi sutradara Indonesian Film Directors Club (IFDC) telah memilih Ifa Isfansyah sebagai ketua baru untuk periode 2018-2023. Ifa menggantikan Lasja Fauzia Susatyo yang memimpin asosiasi ini sejak kongres pertama pada 2013.

"Terima kasih atas kepercayaannya," kata Ifa dalam acara penutupan kongres IFDC kedua di kawasan Kemang Jakarta, Selasa, 27 Februari 2018.

"Saya tahu ini berat sekali. Saya pernah memimpin dua sutradara, itu saja pusing dan berat, apalagi 52 sutradara (anggota asosiasi). Namun kenapa hari ini saya benar-benar terima jabatan ini, karena beberapa alasan," lanjutnya sebelum menuturkan dua hal terkait energi perfilman sedang bertumbuh besar. 

Menurut Ifa, energi IFDC sebagai asosiasi sutradara begitu besar. Sebagai sineas yang mulai aktif sejak selama hampir dua dekade lalu, Ifa merasa paham bagaimana energi sutradara telah habis untuk memikirkan filmnya masing-masing. Namun dengan berkumpul dan berdiskusi sebagai asosiasi, terasa bahwa para sutradara punya beban dan masalah yang sama. 

"Organisasi ini seharusnya membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan, membuat semakin punya pondasi untuk punya kualitas yang lebih bagus lagi, mampu sebagai perlindungan kita semua, bahkan mampu menyumbangkan sesuatu yangg bagus bagi ekosistem perfilman," ujar Ifa.

Sutradara pemenang Piala Citra ini juga menyebut bahwa energi perfilman Indonesia sedang sangat bagus. Semakin banyak film dengan pencapaian komersial tinggi, terlihat dari rekor penonton film yang hampir mencapai tujuh juta orang. Lalu sejumlah film dari Indonesia juga bertamu ke beberapa festival film bergengsi di dunia, seperti Sekala Niskala dan Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. 

"Sekarang semua hadir. Ada pembuat film, teman-teman pers dan media, kritikus mungkin, pemerintah, dan penonton film – kita semua penonton film. Paling tidak unsur itu sekarang sedang bagus dan harus punya visi yang sama, energi yang bagus. Kita tinggal tingkatkan ini, saya sedang merasakan itu," tutur Ifa. 

Kongres IFDC kedua dihadiri oleh 34 dari total 52 anggota. Dalam sesi kedua, ketua baru dipilih lewat pencalonan dan pemungutan suara. Penutupan kongres digelar terbuka dan turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid, Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemdikbud Maman Wijaya, dan Ketua Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Hadir pula produser dari Aprofi seperti Fauzan Zidni dan Mira Lesmana.


 




(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA