Michelle Yeoh Punya Koleksi Wayang Kulit di Serial Star Trek Discovery

Purba Wirastama    •    27 September 2017 08:39 WIB
selebritas
Michelle Yeoh Punya Koleksi Wayang Kulit di Serial Star Trek Discovery
Michelle Yeoh dalam Star Trek Discovery (startrek.com)

Metrotvnews,com, Jakarta:  Aktor Malaysia Michelle Yeoh ikut bermain dalam serial Star Trek Discovery yang ditayangkan di kanal CBS dan Netflix. Michelle berperan sebagai Philippa Georgiou, kapten pesawat Shenzhou yang hobi mengoleksi sejumlah barang seni, termasuk wayang kulit.

Hobi Phillipa ditunjukkan di episode pertama berjudul The Vulcan Hello yang dirilis Minggu 24 September 2017. Ketika Phillipa sedang berbicara dengan kru nomor satu Michael Burnham (Sonequa Martin-Green) di ruangannya, tampak wayang kulit berukuran semeter di salah satu rak pajangan. Wayang berkulit hitam ini merujuk pada sosok Gatotkaca.

Gatotkaca, tokoh populer dari babad Mahabarata, adalah satu dari lima anak Wrekudara/Bima keluarga Pandawa. Gatotkaca sering diceritakan sebagai sosok yang kuat perkasa dan dapat terbang. Dia juga punya sepatu berkulit naga. Julukan populernya adalah 'otot kawat tulang besi'.

Dalam Star Trek, wayang Gatotkaca muncul dengan kulit hitam. Warna ini, menurut catatan di laman resmi Kemdikbud, menunjukkan bahwa wayang tersebut dibuat dengan gaya kulonan atau Jawa Tengah. Dalam gaya wetanan atau Jawa Timur, kepala Gatotkaca berkulit merah.

Kemunculan ini sempat memicu obrolan mengenai kebanggaan kedaerahan. Sayangnya, ada perbedaan persepsi antara sejumlah pengguna media sosial Malaysia dan Indonesia, yang  menyebut wayang sebagai warisan budaya dari daerah masing-masing.
 
Kita ingat beberapa tahun lalu, status 'kepemilikan' wayang kulit sebagai warisan budaya tak berwujud sempat menjadi polemik. Pada 2008, UNESCO menetapkan ulang status wayang kulit berasal dari Indonesia, mengacu pada penetapan sebelumnya pada tahun 2003.

Sejumlah media daring juga menyebut wayang kulit sebagai benda seni dari Malaysia karena mengacu pada negara asal Michelle dan aksen yang dia gunakan dalam dialog. TVGuide.com misalnya, menulis bahwa Michelle memilih sendiri barang yang digunakan sebagai properti pajangan waktu syuting, seperti botol anggur Picard dan wayang kulit Malaysia.

The Star Online  mengulas salah kaprah ini dan mengutip pendapat Eddin Khoo, budayawan Malaysia dari organisasi Pusaka. Eddin menyebut wayang itu berasal dari Jawa dan merujuk ke tokoh Antareja anak Dewi Nagagini. Sebagai catatan, Antareja dan Gatotkaca adalah saudara kandung dari ayah Bima.

Menurut Eddin, tradisi wayang kulit Jawa dan Malaysia punya perbedaan budaya yang besar. Karakteristik desain wayang juga berbeda. Wayang Malaysia lebih kasar dan dipengaruhi budaya Khmer-Thai. Sementara visual wayang Jawa cenderung lebih tajam dan lonjong.

"Ada sejumlah perbedaan dalam cerita. Repertoar yang mereka mainkan beserta keseluruhan gaya dan perasaan itu berbeda. Bahkan silsilah tokoh dan sejarahnya juga berbeda," ujar Eddin.

Star Trek: Discovery  adalah serial waralaba Star Trek yang diproduksi oleh kanal televisi CBS dari AS. Netflix mendapat hak siar di puluhan negara setelah dirilis lebih dulu di AS dan Kanada.


 


(DEV)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

1 day Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA