Rekor Deddy Mizwar yang Belum Terpecahkan hingga Kini

Elang Riki Yanuar    •    12 November 2016 07:12 WIB
deddy mizwar
Rekor Deddy Mizwar yang Belum Terpecahkan hingga Kini
Deddy Mizwar (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, lebih dulu dikenal sebagai bintang film. Pria 61 tahun itu telah malang-melintang di dunia sinema sejak era 1970-an.

Tak sekadar bermain peran, akting Deddy pun mendapat pengakuan lewat penghargaan-penghargaan yang diraihnya.

Saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, pada Jumat (11/11/2016), Deddy menegaskan bahwa dirinya memegang rekor yang sulit atau bahkan tidak mungkin terpecahkan.

Rekor pertama yang dipegang Deddy adalah mendapat dua Piala Citra dalam ajang Festival Film Indonesia, pada tahun 1986.

Dua piala itu diraih dari dua kategori bergengsi, yaitu sebagai Pemeran Pria Terbaik Festival Film Indonesia lewat film Arie Hanggara, dan Pemeran Pembantu Pria Terbaik lewat film Opera Jakarta. Sungguh sulit mengawinkan piala pemeran utama terbaik dengan pemeran pembantu terbaik dari satu ajang penghargaan.

Lantas apa rekor kedua yang dipegang Deddy hingga saat ini?

"Tahun 1987 dapat penghargaan aktor terbaik untuk film Nagabonar (dalam Festival Film Indonesia). Tahun 2007, mendapat penghargaan kategori yang sama untuk peran yang sama. Ini belum pernah ada di dunia, berjarak 20 tahun mendapat penghargaan di tokoh yang sama,” kata Deddy penuh semangat.

Nagabonar, film yang dirilis pada tahun 1987 disutradarai oleh MT Risyaf, dengan Asrul Sani sebagai penulis naskah. Selang 20 tahun kemudian, dirilis film berjudul Nagabonar (jadi) 2. Dalam dua film itu, Deddy Mizwar berperan sebagai Nagabonar. Beruntung, dia mampu mempertahankan kualitas peran sebagai Nagabonar, ditandai dengan diraihnya Piala Citra.

“Itu dua rekor yang belum terpecahkan sampai sekarang,” tutup Deddy sembari terkekeh.

 


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA