AADC2 & Warkop DKI Reborn Sukses, Anang Minta Sistem Box Office Dibuat

Elang Riki Yanuar    •    15 September 2016 13:24 WIB
film indonesiawarkop dki
AADC2 & Warkop DKI Reborn Sukses, Anang Minta Sistem Box Office Dibuat
Anang (Foto: Metrotvnews/Rodhi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesuksesan film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 dan Warkop DKI Reborn yang menembus tiga juta penonton mendapat apresiasi dari musisi sekaligus Anggota DPR, Anang Hermansyah. Menurut anggota Komisi X itu, kesuksesan AADC 2 dan Warkop DKI Reborn harus dijadikan momentum dibuatnya sistem box office di Indonesia.

"Capaian yang luar biasa di tengah kelesuan ekonomi nasional. Saya mengapresiasi atas capaian film Warkop DKI Reborn ini. Hal ini menjadi sinyal positif pada masa depan film Indonesia setelah ada film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2)," kata Anang seperti dikutip dari Antara.

Baca Anang: Artis Tidak Ada yang Jadi Penjahat

Pelantun Separuh Jiwaku Pergi itu melihat peluang kebangkitan film Indonesia. Karena itulah, dia mendesak pemerintah dan pihak terkait segera membuat aturan box office.

"Dengan sistem itu, akan diketahui penyebaran film di daerah-daerah, berapa penontonnya serta tren genre film apa yang sedang booming di daerah-daerah. Sistem box office juga bisa mengatasi permasalahan yang akut, seperti transparansi di sektor pajak di industri film serta royalti bagi para pemain film," jelasnya.

Baca: Reaksi Ahok Usai Nonton Warkop DKI Reborn

"Karcis penonton film Warkop DKI Reborn siapa yang pegang? Film ini paling banyak ditonton di daerah mana. Apakah angka penonton itu riil masuk pajak negara? Bagaimana cara menghitung lima hari ditonton 2,3 juta penonton?" lanjut Anang.

Selain soal aturan box office, Anang juga meminta pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan segera membuat SMK Perfilman untuk mencetak sineas-sineas berkualitas.

"Mimpi saya, sutradara yang sukses tidak hanya milik sutradara AADC atau Warkop DKI Reborn, tetapi bisa juga muncul dari anak bangsa dari berbagai belahan negeri ini," tutupnya.

AADC 2 hingga saat ini masih menjadi film Indonesia paling banyak ditonton dengan 3,6 juta. Sedangkan Warkop DKI Reborn meraih tiga juta penonton hanya kurang dari seminggu. Capaian ini masih bisa bertambah mengingat Warkop DKI Reborn masih tayang di bioskop.




(ELG)