Alasan Film Gerbang Neraka Tunda Jadwal Rilis

Purba Wirastama    •    22 Agustus 2017 10:31 WIB
film indonesia
Alasan Film Gerbang Neraka Tunda Jadwal Rilis
(Foto: Twitter Legacy Pictures)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerbang Neraka  atau Firegate,  film horor-avontur-fantasi garapan sutradara Rizal Mantovani, awalnya hendak dirilis pada November 2016. Namun jadwal akhirnya diundur 10 bulan karena proses pasca-produksi jauh lebih lama dari perkiraan.

Produser Robert Ronny berujar bahwa dana produksi untuk film ini termasuk besar, seperti Jailangkung garapan Rizal dan Jose Poernomo. Namun menurut Rizal, dana sebesar itu masih terbatas untuk proyek film seperti Gerbang Neraka.

"Sebenarnya tentu terbatas untuk film semacam ini, sehingga (tim) yang membuat CGI pun juga tidak bisa mengerjakan ini semua. Ada pekerjaan lain, film lain," kata Rizal dalam jumpa pers di Plaza Indonesia Jakarta, Senin (21/8/2017).

Rizal menegaskan bahwa untuk ukuran industri film Indonesia, CGI masih menjadi sesuatu yang sangat mewah. Kendati aspek CGI di Gerbang Neraka  hanya 30 persen dari total durasi 112 menit, pengerjaan dengan waktu normal tetap membutuhkan dana tinggi.

"Untuk industri (Indonesia) ini, masih agak sulit bikin film yang (menggunakan) CGI penuh. Saya, mending agak lama (membuat) tapi bagus pas sudah jadi, daripada cepat tapi CGI (kasar)," imbuh Rizal.

Gerbang Neraka  bercerita tentang petualangan jurnalis (Reza Rahadian), arkeolog (Julie Estelle), dan paranormal (Dwi Sasono), dalam membuka tabir misteri sebuah situs piramida tertua yang ditemukan di Indonesia. Setelah tahu bahwa piramida ini adalah semacam penjara untuk iblis jahat, mereka harus bekerja sama untuk mencegah bencana besar terjadi.

Naskah ditulis oleh Robert Ronny, yang sekaligus menjadi produser. Penyutradaraan ditangani oleh Rizal. Faozan Rizal menjadi pengarah fotografi. Vida Sylvia menjadi penata artistik.

Pengambilan gambar berlangsung selama 40 hari pada 2015 di sejumlah tempat. Termasuk studio Karno's Film di Cibubur dan studio TVRI di Jakarta. CGI dikerjakan oleh Orange Room pimpinan Ganda Harta.

Gerbang Neraka  dijadwalkan tayang mulai Rabu 20 September 2017.


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA