Nomine Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 Dibekali Teknik Sinematografi

Elang Riki Yanuar    •    15 September 2017 20:06 WIB
film dokumenter
Nomine Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 Dibekali Teknik Sinematografi
Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 (Foto: dok. pusbangfilm)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pusat Pengembangan Film Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan pembekalan kepada para nomine Festival Film Dokumenter Pelajar 2017. Acara pembekalan yang dibuka  Sekjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi, Ph.D dan Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud digelar 7-13 September 2017.

Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 mengambil tema kemaritiman. Sebanyak 20 tim yang terdiri dari 57 pelajar berhasil lolos seleksi awal. Para nomine ini merupakan hasil seleksi dari ratusan proposal yang masuk. Banyaknya peserta yang ikut menandakan animo tinggi dari kalangan pelajar terhadap film khususnya dokumenter.

"Materi yang diberikan kepada para nominasi ini adalah pendalaman tentang dokumenter, penyutradaraan dalam dokumenter, tata kamera dalam dokumenter, tata suara film, serta editing film," ujar Barly, penata kamera film Banda the Dark Forgotten Trail yang menjadi salah satu pembimbing, dalam keterangan tertulisnya.

Produser film Toba Dreams, Rizaludin Kurniawan yang menjadi salah satu narasumber mengaku senang dengan animo tinggi para pelajar. Ke depannya, bukan tidak mungkin festival film pelajar bisa mandiri.

"Agar nanti produksi film pelajar semakin banyak sehingga bisa membuat festival film pelajar tersendiri terpisah dari Apresiasi Film Indonesia (AFI ) atau Festival Film Indonesia (FFI) yang sudah rutin," ujarnya.

Kegiatan Festival Film Dokumenter Pelajar 2017 ini merupakan sebuah terobosan yang dilaksanakan Pusbangfilm dalam menyelenggarakan sebuah festival film pelajar berskala nasional. Nantinya, tiga pememang akan diberikan anugerah pada ajang AFI 2017.

"Mudah-mudahan, tahun depan Pusbangfilm dapat memfasilitasi 200 pelajar untuk mengikuti kegiatan pembekalan seperti ini, sehingga semakin tersebar duta-duta kreator film Indonesia ke seluruh Indonesia," ujar Dini Indrawati Simbolon S.H, Kasubbid Apresiasi dan Penghargaan Pusbangfilm.




 


(ELG)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

1 day Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA