Setelah Pengabdi Setan, Rapi Films Belum Temukan Film Klasik Lain untuk Dibuat Ulang

Purba Wirastama    •    20 Februari 2018 21:21 WIB
film pengabdi setan
Setelah Pengabdi Setan, Rapi Films Belum Temukan Film Klasik Lain untuk Dibuat Ulang
Pengabdi Setan (Foto: dok. rapi films)

Jakarta: Rapi Films belum menentukan film klasik mana lagi yang hendak mereka buat ulang, menyusul kesuksesan film horor gaib Pengabdi Setan versi Joko Anwar pada tahun lalu. Pengabdi Setan adalah satu dari sekian film dalam katalog produksi Rapi sejak 1970-an.

"Sundel Bolong (1981), sempat mikir (untuk dibuat ulang)," kata produser Sunil Samtani dalam jumpa pers perilisan Pengabdi Setan di platform Iflix di kawasan Menteng, Jakarta.

"Tapi kami masih cari-cari (film klasik lain). Karena Pengabdi Setan (versi 1980) memang sangat ikonik, menjadi cult movie sampai Jepang, Inggris. Kami masih cari lagi dari katalog kami," ujar Sunil.

Film 2017, Kisah Lama Bangkit dari Kubur

Rapi Films didirikan Gope Samtani, ayah Sunil, pada 1966. Pada 1970-an awal, mereka membentuk divisi produksi untuk membuat film panjang. Debut film produksi mereka adalah Air Mata Kekasih (1971) garapan sutradara Lilik Sudjio.

Pada era 1980-an, mereka bisa membuat film hingga 40-an judul. Capaian kuantitas pada dekade tersebut paling banyak dibanding empat dekade lain hingga kini. Pengabdi Setan dan Sundel Bolong adalah dua di antaranya. Selain domestik, Rapi juga melakukan sejumlah kerja sama produksi film asing.

Terakhir kali, Rapi merilis film Pengabdi Setan pada September 2017. Film ini telah terjual untuk dirilis di bioskop 42 negara, termasuk Thailand dan Taiwan. Film Rapi berikutnya yang akan dirilis adalah Reuni Z garapan Soleh Solihun dan Monty Tiwa.

 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

5 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA