Terima Kasih Djenar Maesa Ayu kepada Hanung Bramantyo di FFB 2017

Purba Wirastama    •    22 Oktober 2017 17:42 WIB
festival film bandung
Terima Kasih Djenar Maesa Ayu kepada Hanung Bramantyo di FFB 2017
(Foto: Purba Wirastama)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain menulis novel dan membuat film, Djenar Maesa Ayu juga bermain di film panjang kendati cukup jarang. Setelah absen beberapa tahun, ada dua film tahun rilis 2017 yang melibatkan dia sebagai aktor pendukung, yaitu Remember The Flavor  garapan Dyan Sunu dan Kartini  garapan Hanung Bramantyo.

Akting Djenar di Kartini mencatat prestasi menarik karena diunggulkan di sedikitnya dua ajang penghargaan. Pertama adalah Festival Film Indonesia 2017 dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik. Lalu ada Festival Film Bandung 2017, yang berakhir dengan kemenangan Djenar untuk kategori Aktris Pendukung Terpuji.

Bagi Djenar, terlibat di film Kartini  adalah pengalaman berharga. Dia secara pribadi berterima kasih kepada Hanung atas pelajaran akting yang dia dapat di film Kartini.

"Saya percaya bahwa ilmu itu jauh lebih bernilai ketimbang materi, karena ilmu sifatnya abadi. Saya berterima kasih kepada Hanung karena Hanung sudah memberikan saya ilmu yang bisa saya pakai seumur hidup," kata Djenar saat ditemui usai pengumuman pemenang FFB 2017 d Studio 6 Emtek City, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (22/10/2017).

Salah satu hal baru yang sering disebut Djenar adalah soal mendalami karakter. Dalam Kartini, dia berperan sebagai Moeryam, putri bangsawan Madura yang menjadi ibu tiri Kartini. Menurut Djenar, Hanung tidak mengajari dia untuk masuk ke karakter orang lain, tetapi meruntuhkan karakter diri sendiri terlebih dulu.

"Berada di film Kartini  adalah sebuah kehormatan dan peluang untuk belajar lebih banyak karena saya senang learning by doing. Dan setiap kali saya bekerja, di situ proses pembelajaran saya," lanjut Djenar.

Tantangan Djenar Maesa Ayu Perankan Ibu Tiri Kartini

Dalam FFB 2017, Djenar menang dalam kategori Aktris atau Pemeran Pembantu Wanita Terpuji. Empat aktris lain yang diunggulkan adalah Acha Septriasa untuk film Shy Shy Cat, Marissa Anita untuk Istirahatlah Kata-kata, Mikha Tambayong untuk Promise, dan Widyawati untuk Sweet 20.

Festival Film Bandung adalah ajang penghargaan tahunan yang digelar sejak 1987 oleh Forum Film Bandung. Karya yang dinilai adalah film-film yang beredar di bioskop Bandung serta film dan serial televisi.

Tahun ini, FFB mengamati 114 film bioskop, 107 serial televisi, 204 film televisi, dan 184 film impor yang beredar dalam kurun waktu Agustus 2016 - Juli 2017. Dari 114 film, terseleksi 15 film bioskop yang diunggulkan di 11 kategori.


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA