Upaya Dewi Irawan Dalami Peran Nenek Yahudi di Ayat-Ayat Cinta 2

Cecylia Rura    •    07 Desember 2017 16:29 WIB
film ayat-ayat cinta 2
Upaya Dewi Irawan Dalami Peran Nenek Yahudi di Ayat-Ayat Cinta 2
Dewi Irawan (Foto: Metrotvnews/Cecylia)

Jakarta: Dalam sekuel Ayat-Ayat Cinta, Fahri diceritakan bertetangga dengan seorang nenek penganut kepercayaan Yahudi bernama Catarina yang diperankan Dewi Irawan. Sang penulis ingin menggambarkan Fahri yang taat terhadap agamanya pun mampu hidup dalam keberagaman di negeri orang.

Ketika ditawari peran sebagai Catarina, kakak dari Ria Irawan ini mengaku senang. Sebelumnya Dewi telah menyaksikan sekuel pertama berulang kali dan tertarik dengan cerita yang ditulis Habiburrachman El Shirazy tersebut.

Untuk mendalami peran sebagai nenek Yahudi dalam Ayat-Ayat Cinta 2 rupanya butuh perjuangan bagi Dewi untuk mendalami perannya. Selain memelajari gesture dari YouTube untuk melakukan pendalaman karakter, Dewi perlu melakukan pendekatan khusus kepada seorang ahli di bidang bahasa Yahudi Indonesia.

"Untuk dialek dan bahasa memang ada pelatihnya, Mas Apri. Dia yang bikin kamus bahasa Indonesia-Ibrani. Saya sempat beberapa kali dilatih sama dia," ujar Dewi Irawan di XXI Plaza Indonesia, Jakarta.

Mencari pelatih untuk dialek Yahudi dirasa sukar oleh Dewi. Mendapatkan kontak dari pelatih dialek pun membutuhkan waktu lama untuk melakukan pendekatan. Sebab, peran ini dirasa cukup sensitif.

Tokoh Fahri dalam Ayat-Ayat Cinta digambarkan sebagai sosok pria taat agama, cinta damai dan berhati lembut. Dewi pun mengagumi karakter Fahri yang dimainkan Fedi Nuril.

"Saya sih mengharapkan misalnya sosok Fahri itu beneran dalam kehidupan nyata kayaknya dunia itu aman ya. Misalnya ada tiga saja. Tiga lagi saja Indonesia itu kayaknya aman, damai," katanya.

Film Ayat-Ayat Cinta 2 kali ini bercerita tentang kehidupan Fahri usai ditinggal Aisha. Seperti sekuel sebelumnya, tokoh Fahri diidolakan oleh banyak perempuan, termasuk sepupu dari Aisha.

Karya novelis Habiburrachman El Shirazy ini disutradarai oleh Guntur Soehardjanto dengan mengambil latar tempat di Edinbrugh. Diproduksi di bawah bendera MD Pictures sekaligus diproduseri CEO MD Entertainment Manoj Punjabi. Untuk penulisan naskah cerita dibantu Alim Sudio.

Kendati peran sutradara berganti, Ayat-Ayat Cinta 2 tetap menggandeng Fedi Nuril sebagai tokoh Fahri Abdullah. Beradu akting dengan beberapa nama seperti Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Dewi Sandra serta aktris asal Malaysia Nur Fazura. Kehadiran Pandji Pragiwaksono dan Arie Untung membumbui film ini dengan beragam humor yang akan membuat penonton tergeletik.

Sekuel Ayat-Ayat Cinta ini akan tayang serentak di bioskop domestik pada 21 Desember 2017, disusul penayangan di Malaysia pada 11 Januari 2018.

Selain Malaysia, film ini rencananya diekspansi ke beberapa negara di Asia seperti Brunei Darussalam dan Singapura. Pihak MD juga berencana melakukan promosi di negara lain seperti Taiwan dan Hong Kong.

 


(ELG)