Si Doel The Movie Amanah dari Aminah Cendrakasih "Mak Nyak"

Cecylia Rura    •    07 Maret 2018 23:25 WIB
si doel the movie
Si Doel The Movie Amanah dari Aminah Cendrakasih
Jumpa pers film Si Doel (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Cerita Si Doel Anak Sekolahan yang dirilis pada 1994 tentu begitu lekat dengan ingatan para generasi 90-an. Selain mengangkat kisah percintaan Doel, budaya Betawi ikut ditonjolkan dalam alur cerita yang diarahkan langsung oleh tokoh utama, Rano Karno, yang berperan ganda sebagai sutradara.

Emosi antar pemain ikut meluap dan terjalin. Sehingga, kisah Si Doel sudah menciptakan keluarga baru bagi para pemainnya. Seperti Aminah Cendrakasih, aktris yang berperan sebagai tokoh Mak Nyak.

Rano mengaku, pertemuan yang diadakannya pada dua tahun lalu bersama pemain Si Doel merupakan langkah awal untuk memulai proyek film Si Doel. Ketika tokoh utama, Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedy memberi sinyal positif, Rano langsung mengunjungi kediaman Aminah. Rano mendapat pesan dari Aminah agar Si Doel bisa diteruskan.

"Saya berdoa, mudah-mudahan beliau (Aminah) dikasih kesehatan. Pertemuan itu sebetulnya sebuah inisiasi setelah ketemu Mak Nyak. Saya datang ke rumah Mak Nyak, saya datang berkunjung, ada ucapan yang membuat saya agak terkaget, tapi saya enggak mau sebut. Artinya dia berharap Si Doel diteruskan. Itulah yang membuat saya mengundang mereka ke sini. Saya ngomong ini permintaan beliau," jelas Rano di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Marer 2018.

Melihat kondisi kesehatan Aminah yang kini tak cukup sehat, Rano melakukan syuting lebih dulu bersama Aminah.

"Maaf, kenapa saya duluin syuting karena saya tahu beliau sakit," lanjutnya.

"Aminah sudah kelar delapan scene, dalam kondisi agak surprise," katanya lagi.


Cornelia Agatha, Rano Karno dan Maudy Koesnaedy di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu, 7 Maret 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Aminah meski dalam kondisi sakit disebut tampak enerjik ketika menjalani syuting.

"Memang pada saat syuting kemarin suasananya memang berbeda. Semangat ceria, kayak memang kita lagi syuting Si Doel tapi Mak Nyak lagi sakit. Padahal cerita sebaliknya adalah Mak Nyak sakit, kita bikin scene-nya sakit," sambung Maudy.

"Kalau boleh saya potong, agak kaget melihat Mak Nyak, tidak seperti orang sakit. Misalnya gini, saya sudah kasih tahu asisten saya tolong kasih Mak Nyak dialog pendek-pendek. Jadi, karena saya tahu, maaf, napas kan, tapi ternyata dia hapal semua dialog. Lihat kondisinya sampai waduh, ini bukan sakit ini. Itulah Mak Nyak. Artinya begitu dia main lagi, semangat," lanjut Rano.

"Padahal buat Mak Nyak itu agak berat loh. Satu hari dibabat delapan scene," timpal Maudy.

"Jadi memang kesembuhan dia kalo dia lagi syuting," kata Rano.

Kondisi Aminah saat ini tengah memberi dikatakan mengalami kebutaan. Namun, Rano mengatakan ia tetap menonton Si Doel.

Syuting pengambilan gambar untuk Aminah sudah dilakukan lebih dulu pada November 2017 lalu. Sementara para pemain lain akan mulai syuting pada 12 Maret 2018.


 


(ELG)