Curhat Chris Miller dan Phill Lord soal Dipecat dari Star Wars

Purba Wirastama    •    20 November 2017 12:21 WIB
star wars
Curhat Chris Miller dan Phill Lord soal Dipecat dari Star Wars
Chris Miller & Phill Lord (Starwars.com)

Los Angeles: Sejak dipecat dari proyek film Solo: A Star Wars Story, duo sutradara Chris Miller dan Phill Lord belum pernah membicarakan friksi tersebut ke publik. Belakangan, dalam ajang Vulture Festival di Los Angeles, mereka akhirnya buka suara.

"Pengalaman syuting film ini sangat luar biasa," kata Phill saat mereka mengisi panel serial animasi MTV Clone High, dikutip dari Vulture.

"Kami punya pemain, kru, dan kolaborator paling hebat. Aku rasa, terkait kepergian kami dari proyek, semua orang masuk dengan niat baik dan pendekatan kami dalam membuat film berbeda dari mereka. Ada jurang yang begitu lebar untuk dijembatani. Terbukti jurang ini terlalu lebar," lanjut Phill disambung tawa.

Phill mengaku sedih dan kecewa saat berpisah dari proyek. Namun dia merasa telah belajar banyak dari pihak-pihak yang berkolaborasi dengan proyek.

"Kami bangga atas kontribusi kami pada film tersebut dan kami berharap yang terbaik bagi setiap orang," ujar Phill.

Chris ikut angkat bicara dan menyatakan dukungan dia terhadap tim yang kini dinahkodai sutradara Ron Howard.

"Kami punya relasi baik dengan pemain dan kru, kami benar-benar mendukung mereka. Usai piknik sejenak, kami telah kembali dan kini sedang menulis serta memproduksi sekuel The Lego Movie  dan memproduksi animasi Miles Morales  dari Spider-Man," ucap Chris.

Phill dan Chris hengkang dari proyek film Solo  pada Juni 2017 lalu karena konflik internal dengan presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy dan penulis naskah Lawrence Kasdan. Posisi mereka digantikan oleh Ron Howard. Syuting yang telah dimulai pada 20 Februari 2017, dilanjutkan lagi pada 10 Juli.

Cerita dalam film ini menyorot asal usul tokoh Han Solo, penyelundup dan koboi luar angkasa, sewaktu dia bertualang dengan Chewbacca, serta sebelum bertemu dengan Obi-Wan Kenobi dan Luke Skywalker dalam film Star Wars (1977).

Alden Ehrenreich (Hail, Caesar! 2016) memerankan Han Solo muda. Naskah ditulis oleh Jon Kasdan bersama Lawrence Kasdan, penulis senior waralaba Star Wars. FIlm diproduksi oleh Kathleen, Allison Shearmur, dan Simon Emanuel.

Solo: A Star Wars Story  dijadwalkan rilis pada Mei 2018.


(DEV)