Viu Klaim Serial Switch Raih 7 Juta Penonton

Purba Wirastama    •    22 November 2017 19:12 WIB
serial web
Viu Klaim Serial Switch Raih 7 Juta Penonton
Head of Marketing & Ad Sales Viu Indonesia Myra Suraryo (dua dari kanan) bersama tim The Publicist (dok Viu)

Jakarta: Serial Switch diklaim punya pengaruh signifikan terhadap penambahan jumlah pengguna layanan video on demand Viu. Myra Suraryo, bos pemasaran Viu untuk Indonesia, mengaku serial tersebut telah ditonton tujuh juta pengguna.

"Hasil performa Viu awal pekan kedua November, episode terakhir (Switch), itu sampai sekarang masih naik terus, dan performanya 10 kali lipat dari performa serial-serial Indonesia yang non Viu Originals," kata Myra saat ditemui di Grand Indonesia Jakarta, Rabu 22 November 2017.

"Sampai dengan saat ini, reach sudah sekitar tujuh juta penonton Switch," imbuh Myra.

Switch merupakan serial asli pertama yang diproduksi untuk Viu Indonesia. Serial dibuat oleh Nia Dinata dan Lucky Kuswandi dengan sutradara Pritagita Arianegara. Aktor yang terlibat Karina Salim, Tatyana Akman, Morgan Oey, Asmara Abigail, dan Vincent Tio.

Total ada 13 episode dengan masing-masing durasi 20-30 menit. Episode pertama dirilis pada 14 Agustus 2017.

Target awal, kata Myra, adalah sesuai dengan pengguna aktif bulanan Viu yang sebagian besar merupakan penggemar drama Korea. Atas capaian ini, Viu percaya diri untuk membuat dan merilis serial lain dengan konten lokal.

"Dengan Switch, mereka melihat ternyata tak hanya drama Korea atau Thailand. Drama Indonesia sudah ada di level 'nonton film' tapi seperti drama, episodenya banyak," ujar Myra.

Viu baru saja merilis satu serial asli baru, yaitu The Publicist garapan Monty Tiwa yang dibintangi Prisia Nasution dan Adipati Dolken. Selain itu Myra juga menyebut Viu telah menyusun proyek untuk Switch musim kedua.

"(Kami) semakin pede lagi waktu merilis ini (The Publicist) karena berarti kami sudah menemukan formula (serial) yang tepat," tukas Myra.

Viu merupakan penyedia layanan video on demand yang berbasis di 13 negara Asia. Mereka telah membuat serial di Hongkong dan India, seperti Margaret and David, Spotlight, dan Gehraiyaan.
(ELG)