Naskah Film Chrisye Ditulis dari Sudut Pandang Istri

Purba Wirastama    •    17 September 2017 14:29 WIB
film indonesia
Naskah Film Chrisye Ditulis dari Sudut Pandang Istri
(Foto: MNC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seluruh kisah hidup sang legenda musik Chrisye tidak mungkin dapat diceritakan secara utuh dalam satu film panjang berdurasi 90 atau 150 menit. Alim Sudio, penulis naskah film biopik Chrisye, sepakat untuk mengisahkan  sang legenda dari sudut pandang Gusti Firoza Damayanti Noor, atau Yanti, istri Chrisye.

"Waktu pertama diajak Mas Rizal (Mantovani), belum (tahu mau ke mana). Waktu ketemu Mbak Yanti, saya baru tahu, niatnya mau ke situ. (Sosok) Chrisye di mata istri," kata Alim saat ditemui dalam jumpa pers di kawasan Gelora, Jakarta, Sabtu 16 September 2017.

Menurut Alim, banyak orang mengenal Chrisye, tetapi tidak mengetahui berbagai pergulatan batin yang dia hadapi ketika memilih jalur hidup sebagai musisi. Selain tekanan dari industri, dia juga harus membina rumah tangga dengan keadaan ekonomi pas-pasan.

"Ada banyak hal yang dia harus terobos dan pertaruhkan. Waktu itu, dia masih kuliah tapi dia memilih untuk total menjadi musisi. Ketika terjun ke situ, dengan segala pertentangan dari orangtua, dia berkomitmen untuk terus bertahan di musik. Padahal jaman itu, bertahan di musik enggak gampang. Apalagi dia harus nikah, punya anak. Lalu (menghadapi) masalah ekonomi, masalah idealisme, masalah dia mengikuti selera pasar."

"Ini sebenarnya adalah kisah pergulatan batin seorang seniman di jaman itu. Dan bagaimana kita harus bertahan dalam apa yang kita suka, kita cintai," ungkap Alim.

Untuk menggali lebih jauh pengalaman hidup mendiang Chrisye, Alim melakukan riset utama lewat obrolan dengan Yanti karena film hendak menyorot lebih banyak sisi yang tersembunyi di balik panggung. Selain itu dia juga membaca buku Chrisye: Sebuah Memoar Musikal tulisan Alberthiene Endah dan sejumlah artikel profil Chrisye di media massa.

Naskah dikembangkan selama kurang lebih setahun dengan melibatkan Yanti dalam supervisi naskah. Sebagai film biopik komersial, pertimbangan soal naskah juga datang dari sisi produksi dan pemasaran. Seperti film biopik pada umumnya pula, ada sejumlah dramatisasi yang harus dilakukan.

"Dramatisasi mau enggak mau harus ada supaya (film) lebih enak ditonton," ujar Alim.

Film Chrisye  merupakan produksi kerjasama MNC Pictures dan Vito Global Visi. Penyutradaraan ditangani oleh Rizal Mantovani. Rissa Putri, Pasha Chrismansyah (adik Chrisye), Setioro, dan Rini Noor menjadi produser. Affandi Abdul Rachman dan Toha Essa jadi produser eksekutif. Lukman Sardi bertindak sebagai produser kreatif.

Vino Bastian dan Velove Vexia menjadi aktor utama pemeran tokoh Chrisye dan Yanti. Selain itu, ada Ray Sahetapy sebagai ayah Chrisye, Andy Arsyil sebagai Erwin Gutawa, Ayu Dyah Pasha sebagai ibu Yanti, Dwi Sasono sebagai Guruh Sukarno Putra, Fendy Chow sebagai Joris, Rifnu Wikana sebagai Gauri, Cholidi sebagai Surya, Verdy Solaiman sebagai A Ciu, Fuad Idris sebagai Taufik Ismail, dan Tria The Changcuters sebagai Eddy Sud.

Film Chrisye  dijadwalkan tayang di bioskop pada Desember 2017.


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA