Film Remake Orkes Moral PSP Bukan Kisah Biografi

Purba Wirastama    •    13 Desember 2018 23:39 WIB
film indonesiaFilm PSP: Gaya Mahasiswa
Film Remake Orkes Moral PSP Bukan Kisah Biografi
Jumpa pers film PSP: Gaya Mahasiswa (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Proyek film daur ulang atau remake yang melibatkan grup Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (PSP) telah punya judul resmi, yaitu PSP: Gaya Mahasiswa. Sutradara dan penulis Hilman Mutasi menegaskan bahwa baik film aslinya maupun versi terbaru bukanlah sebuah biografi, tetapi film cerita.

"Ini bukan cerita sejarah OM PSP, bukan tentang bagaimana mereka terbentuk – kalau itu, mungkin nanti, insyaallah," kata Hilman dalam jumpa pers di XXI Plaza Indonesia, Kamis, 13 Desember 2018.

"Film ini semacam reborn atas film yang dulu, judulnya Manis Manis Sombong (1980), tapi dengan interpretasi dan treatment kekinian," terangnya.

OM PSP adalah grup musik dangdut humor yang populer pada era 1970-an dan satu zaman dengan grup Warkop DKI. Kala itu, OM PSP meliputi delapan personel yang semuanya mahasiswa, yaitu Monos, Rizali, Ade Anwar, Andra Muluk, James Lapian, Didin Syarifudin, Norman 'Omen' Santoni, dan Aditya Karma.



Selain aktif bermusik, mereka juga bermain dalam empat film layar lebar dan tetap menjadi karakter masing-masing. Debut film mereka adalah Manis-manis Sombong garapan sutradara Eduart P Sirait dan penulis Deddy Armand.

Dalam film terbaru, kendati kisahnya fiktif, delapan personel OM PSP dijadikan tokoh cerita seusia mahasiswa yang diperankan orang lain. Ada Uus, Adjisdoaibu, Abdurrahim Arsyad, Boris Bokir, Wira Negara, David John Schaap, Dimas Danang, dan Imam Darto. Aura Kasih menjadi pemeran pendukung bersama dua peragawati kembar Veronika dan Valerie. Para personel OM PSP asli juga muncul sebagai cameo.

Terkait penokohan tersebut, jenis filmnya kurang lebih serupa dengan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss, Benyamin: Biang Kerok, atau Suzzanna: Bernapas dalam Kubur. Ketiga film ini mengadaptasi tokoh cerita dari pemeran yang sosoknya lebih kuat dari karakter yang diperankan.

PSP: Gaya Mahasiswa dijadwalkan rilis di bioskop pada 31 Januari 2019.


(ELG)