Ini Kisah Tiga Dara Angkat Persoalan Perempuan Masa Kini

Agustinus Shindu Alpito    •    19 Agustus 2016 19:42 WIB
film indonesia
Ini Kisah Tiga Dara Angkat Persoalan Perempuan Masa Kini
Ini Kisah Tiga Dara (Foto: Dok. kalyanashirafilms)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertanyaan "Kapan nikah?" tentu bukan hal baru bagi perempuan Indonesia yang melajang di usia produktif. Permasalahan perempuan yang dianggap harus menikah di usia-usia tertentu adalah polemik tersendiri. Dalam film Ini Kisah Tiga Dara, hal itu seolah disorot habis-habisan.

Oma (Titiek Puspa) adalah sosok nenek yang cukup bawel karena tiga cucunya yang keseluruhannya perempuan belum ada yang menikah. Gendis (Shanty Paredes) adalah cucu sulung yang paling sering diomeli Oma. Pasalnya, Gendis sudah menginjak usia 32 tahun dan masih betah melajang.

Gendis adalah seorang koki di hotel milik keluarganya di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Dia memiliki adik Ella (Tara Basro) dan Bebe (Tatyana Akman) yang ikut mengelola hotel tersebut.



Mereka bertiga tinggal bersama sang ayah, Krisna (Ray Sahetapy) dan juga Oma. Hampir setiap hari Oma selalu membahas pernikahan. Alasannya, dia sudah tidak sabar meminang cicit.

Sebagai perempuan mandiri, tentu Gendis merasa risih dengan sikap Oma. Dia merasa pernikahan adalah sebuah pilihan. Namun Gendis dan kedua adiknya sangat menghargai sang Oma.



Ketiganya lalu terlibat dalam drama romansa yang seru, hal itu tidak lepas dari hotel mereka yang silih berganti disambangi berbagai turis.

Ini Kisah Tiga Dara adalah film drama-musikal yang terinspirasi dari film Tiga Dara (1956) garapan sutradara Usmar Ismail.

Disutradarai oleh Nia Dinata, Ini Kisah Tiga Dara memang disiapkan sebagai film yang menyorot kemampuan perempuan dalam menghadapi berbagai persoalan.


Adegan Ini Kisah Tiga Dara (Foto: dok. Kalyanashirafilms)


"Saya ingin tiga perempuan dalam film ini punya passion. Gendis punya passion sebagai chef, Ella sebagai public relation, dan Bebe sebagai guru bahasa Inggris yang mengajar tanpa memungut biaya," kata Nia dalam jumpa pers di Plaza Indonesia, Jumat (18/8/2016).

Dari segi visual, Ini Kisah Tiga Dara menyuguhkan alam Maumere yang indah. Bagaimana jernihnya pantai di sana, juga asrinya alam yang ada. Secara jeli Nia juga mengangkat berbagai kultur setempat, di antaranya penjelasan bagaimana masyarakat adat setempat yang harus menjual harta benda demi pesta pernikahan yang mahal. Juga cantiknya hasil tenun dan kekayaan kuliner.


Adegan Ini Kisah Tiga Dara (Foto: dok. Kalyanashirafilms)

Ini Kisah Tiga Dara mulai tayang pada 1 September 2016. Film ini juga dibintangi oleh Rio Dewanto, Reuben Elishama, dan Richard Kyle.

Lagu-lagu dalam film ini digarap oleh Bemby Gusti (juga tercatat sebagai drummer band Sore) dan Aghi Narottama.


(ELG)