Gali Potensi Tanpa Batas Jadi Modal Sukses Isha Hening

Cecylia Rura    •    05 November 2017 11:50 WIB
musik
Gali Potensi Tanpa Batas Jadi Modal Sukses Isha Hening
Saat teknik konvensional berlomba-lomba mengutarakan sejarah dan latar belakang pembuatan karya, Isha Hening memilih untuk mengolaborasikan seni visual dan teknologi, yang dikenal sebagai karya motion graphics. (Foto: Dok. Infium)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat teknik konvensional berlomba-lomba mengutarakan sejarah dan latar belakang pembuatan karya, Isha Hening memilih untuk mengolaborasikan seni visual dan teknologi, yang dikenal sebagai karya motion graphics. Semua bermula ketika ia menempuh pendidikan ilmu seni rupa, tepatnya Desain Komunikasi Visual di Institut Teknologi Bandung pada 2004. 

Kala itu, Isha berkuliah sambil bekerja sambilan untuk mendapatkan tambahan uang. Bukannya tidak cukup, melainkan hasrat untuk berkembang Isha mendorongnya mengumpulkan modal untuk berkarya.

"Bokap adalah orang yang strict dengan anaknya, dulu uang jajan hanya diberi Rp100.000 sebulan. Saat itu berpikir, bagaimana caranya bisa move forward dengan uang segitu," kata Isha dalam sebuah talkshow yang diadakan Neuland Indonesia di Double Deer Music, Jakarta, Sabtu (4/11/2017).

Keseriusannya dalam menekuni seni motion grpahics dimulai ketika ia bekerja sambilan menyunting video dan menggarap beberapa proyek kecil dari teman sejawat. Seni motion graphics sendiri dipelajarinya secara otodidak. 

Beruntung bagi Isha, di Bandung ada komunitas new media art, electronic music, dan Video Jockey (VJ) sehingga ia bisa memperkaya ilmu yang dimilikinya ketika masih duduk di bangku kuliah. Oleh karenanya, ia tak hanya dikenal sebagai penggiat seni motion graphics melainkan juga ikut berkecimpung di dunia musik sebagai VJ.

Pernah ia mencoba peruntungan di sebuah perusahaan yang bekerja mengurus live show. Namun ternyata Isha lebih memilih bekerja mandiri sebagai freelancer dan menikmatinya hingga sekarang. Pengembangan ilmu yang dimiliki seorang Isha menjadi contoh bagaimana seseorang dapat menembus apa yang dirasa menjadi batasannya. Menurutnya, tidak ada batasan yang bisa menghalanginya untuk terus belajar dan berkarya.

Kesuksesan Isha dibuktikan dengan sejumlah proyek besar yang pernah digarap bersama artis papan atas. Baru-baru ini, ia menggarap video lirik lagu penyanyi ternama Raisa Andriana berjudul Usai di Sini  dan Kelompok Penerbang Rocket Menggilas Batas. Di sela wawancara bersama Metrotvnews.com, Isha mengatakan saat ini ia tengah menggarap proyek kedua bersama Raisa, namun enggan membocorkan proyek tersebut.

Di samping itu, Isha juga pernah bertanggung jawab soal desain visual panggung untuk beberapa musisi nasional di antaranya Barasuara, Iwan Fals, Nidji, RAN, Bottlesmoker, Glenn Fredly, Magenta Orchestra dan Twilite Orchestra.

Tak hanya penyanyi berkelas dan band ternama, sejumlah musisi internasional juga pernah berduet dengannya. Sebut saja DJ Snake, Steve Aoki, Justice, Avicii, Shinichi Osawa, Röyksopp, Armin Van Buuren, Kaskade, dan masih banyak lagi.

Menurut Isha, prestasi yang kini telah diraihnya bukan semata-mata sebuah keberuntungan melainkan rancangan yang sudah dibuat dengan matang. Baginya, kepercayaan diri dan keberanian menjadi modal utama untuk bisa melangkah maju.

Dengan menggali segala potensi yang melekat dalam dirinya, Isha menggiring kehidupannya pada satu misi luar biasa, yakni hidup tanpa batasan. Hal inilah yang kemudian membuatnya bergabung dalam sebuah proyek yang digagas Neuland Indonesia.

Singkat cerita, proyek yang akan diadakan pada November ini digagas oleh Kimo Rizky, seorang produser musik, Isha Hening dan Andrian Ishak sebagai gastronomy molecular chef, berkolaborasi menciptakan pertunjukan seni multi sensory. 

Ketiganya bermaksud menyalurkan arti sebuah kebebasan melalui sensitivitas terhadap indera visual, taste, and sound berdasarkan pengalaman mereka masing-masing dalam mencapai titik kebebasan dalam hidup. Harapannya, hasil karya mereka nantinya mampu menginspirasi banyak orang untuk bebas berekspresi dan menyalurkan imajinasinya.


(TIN)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA